Apa sih alasan Gili Trawangan menjadi primadona mengalahkan Bali?

gili trawangan

Tak sedikit turis baik domestik maupun mancanegara yang kini justru melirik Gili Trawangan Lombok dibanding Bali. Meski gelombang wisata ke Bali masih belum tertandingi oleh destinasi-destinasi lainnya di Indonesia. Beberapa tahun terakhir tren positif kunjungan wisata ke Gili Trawangan kian membuktikan jika daerah di timur Pulau Dewata ini siap memberikan pengalaman wisata yang berbeda. Walaupun Bali telah ama menjadi ikon wisata Indonesia. Apa sih alasan Gili Trawangan menjadi primadona mengalahkan Bali?

Alasan Gili Trawangan lebih eksotis dibanding Bali berikut ini.

  1. Jauh Dari Bising Kendaraan dan Polusi Udara
    Ketenangan menjadi kunci kenyamanan bagi wisatawan saat ini. Bukankah begitu? Keunggulan Gili Trawangan dibanding daerah-daerah wisata lainnya di Indonesia termasuk Bali adalah dilarangnya kendaraan bermotor masuk ke dalam pulau. Hasilnya tentu saja kawasan yang bebas kebisingan dan bebas dari polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor. Namun demikian bukan berarti tidak ada transportasi yang bisa digunakan selama berlibur di pulau ini. Sebagai ganti atas pelarangan kendaraan bermotor masuk ke Gili Trawangan, maka di dalam pulau disediakan transportasi pengganti yang lebih ramah lingkungan yaitu sepeda dan cidomo. Cidomo adalah alat transportasi tradisional sejenis kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pilihan lain yaitu dengan menyewa sepeda di tempat persewaan yang banyak dijumpai di sana.

  2. Tak Hanya Tenang, Tapi Juga Bebas Kemacetan
    Bagi kamu yang sudah pusing dengan kemacetan kota, Gili Trawangan menyuguhkan jalanan menuju objek wisata yang bebas kemacetan. Tentu ini menjadi salah satu alasan Gili Trawangan lebih eksotis di banding Bali yang termasuk ramai. Tak hanya keindahan alam yang bisa kamu nikmati tapi juga relaks dan ketenangan pikiran karena bebas kemacetan.

  3. Keindahan Bawah Laut yang Memukau
    Laut memang selalu menjadi pesona tersendiri bagi travellers dan wisatawan. Alasan ini juga lho yang membuat Gili Trawangan lebih eksotis dibanding Bali. Air lautnya yang jernih membuat berbagai biota yang hidup di dalamnya begitu mudah terlihat. Sayang sekali kalau kamu ke Gili Trawangan tanpa mencoba sensasi snorkeling atau diving di sekitar pulau ini. Pasti menyenangkan bukan, apalagi kamu bisa ambil foto keindahan bawah laut.

  4. Keelokan Pantai Putih nan Bersih
    Siapa yang tidak senang mengunjungi lokasi wisata yang keelokan dan kebersihannya masih terjaga? Inilah yang menjadi alasan Gili Trawangan menyaingi Bali. Berbentuk pulau kecil yang sedikit terpencil dan tidak memiliki sistem sungai yang bermuara ke laut, itulah beberapa alasan mengapa Gili Trawangan memiliki pantai yang selalu terjaga kebersihannya. Penyebab utama dari kotornya pantai seperti di Kuta adalah sampah yang terbawa aliran sungai menuju pantai saat musim hujan, hal ini tidak terjadi di Gili Trawangan.

  5. Spot Sunset dan Sunrise Yang Bisa Ditempuh Hanya Dengan Berjalan Kaki
    Sunset dan sunrise selalu menjadi ketertarikan bagi penikmat pantai dan pecinta fotografi. Inilah kelebihan lain yang akan kamu dapatkan jika berlibur di Gili Trawangan. Pulau mini ini memiliki pantai yang menghadap ke barat dan timur sehingga memungkinkan setiap wisatawan untuk bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam pada satu lokasi. Hal ini disebabkan jarak antar pantai di sana tidak terlalu jauh sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja atau naik cidomo.

  6. Keramahan Penduduk Lokal
    Seringkali masalah watak penduduk menjadi momok bagi wisatawan. Bagaimana tidak? Mengunjungi tempat yang belum dikenal tentu berpeluang bermasalah dengan penduduk setempat. Nah, Gili Trawangan memiliki penduduk lokal yang ramah sehingga wisatawan pun tak segan mengunjungi objek wisata ini.

Tidak seperti di perkotaan, semakin plural pendatang maka kehidupan sosial akan semakin hilang. Orang-orang akan semakin individualistis dan tidak menegur sapa dengan orang lain. Penduduk Gili Trawangan terkenal dengan keramah tamahannya sekalipun kepada pendatang atau orang asing. Jadi, kamu akan merasakan kehangatan selama berada di sana.

Sumber: