Apa sifat dasar medium dalam bahan untuk melukis?

Alat dan bahan untuk membuat karya seni rupa disebut dengan media seni rupa. Setiap alat dan bahan memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Perbedaan sifat ini juga menentukan cara dan teknik berkarya yang akan diterapkan.

Melukis dengan cat minyak tentu caranya tidakm sama dengan melukis menggunakan cat cair. Penyebabnya adalah karena setiap medium mempunyai dua sifat dasar.

Melukis dengan cat minyak tentu caranya tidaklah sama dengan melukis menggunakan cat cair. Penyebabnya adalah karena setiap medium mempunyai dua sifat dasar, yaitu :

  1. Sifat Fisik yaitu karakter bahan yang dapat terlihat oleh mata, seperti keras, lunak, mudah pecah, elastis, kasar atau halus dan sifat-sifat yang lain.
  2. Sifat Estetis yaitu sifat keindahan dari setiap bahan yang berbeda satu dengan lainnya. Lukisan dengan media cair mempunyai nilai keindahan tersendiri yang tidak dapat digunakan dengan media cat minyak, begitu juga sebaliknya.

Setiap bahan mempunyai karakter dan keindahan yang berbeda dan tidak berarti perbedaan itu menunjukan bahan yang satu lebih baik dari yang lain. Pemilihan medium tidak menjamin dan tidak menentukan bahwa suatu karya lebih artistik, lebih baik atau lebih mahal. Kualitas karya selain ditentukan oleh jenis mediumnya, juga ditentukan oleh kreatifitas dan bakat senimannya.