Apa Semboyan Singkat atau Motto Hidup yang Kamu Miliki?

Motto hidup tuh kelihatan banget sepele, tapi menurutku sendiri penting dan perlu seseorang memiliki sebuah motto atau semboyan dalam menjalani hidup ini. Karena nyatanya, motto sendiri memiliki banyak manfaat. Manfaat dari punya motto sendiri antara lain, memiliki pengingat untuk mencapai tujuan, memiliki semangat untuk mengejar sesuatu, memberikan motivasi kepada seseorang, meningkatkan produktivitas, bahkan bisa meningkat presistensi untuk mengejar tujuan. Jadi, pentingkan untuk memiliki motto.

Bahkan, banyak tokoh penting dan hebat yang memiliki motto dalam hidupnya. Contohnya, Steve Jobs punya motto hidup “Do you want to spend the rest of your life selling sugared water or do you want a chance to change the world?” Mark Zukerberg punya motto hidup “Move fast and break things.” Motto hidup Albert Einstein lain lagi. Motto-nya adalah “ Imagination and creativity is more important than knowlegde.”

Jadi, bagaimana dengan kamu, apa semboyan singkat atau motto hidup yang kamu miliki? dan mengapa kamu memilih motto tersebut?

Motto yang saya miliki adalah, “Ony You Can Heal You”.

Hanya aku yang bisa menyembuhkan aku. Hanya aku yang bisa membuat diriku sendiri bahagia. Hanya aku yang paling mengerti diriku sendiri. Mencoba untuk tidak bergantung pada orang lain karena menaruh harapan pada manusia adalah seni paling sederhana dalam menderita.

“The obstacle becomes the way”
Sebetulnya bukan aku yang membuat motto ini, tapi motto ini aku peroleh ketika membaca buku Filosofi Teras. Motto ini disampaikan oleh Marcus Aurelius, maksud dari ‘quotes’ ini adalah bahwa rintanagn yang kita hadapi dalam hidup itu merupakan pembuka jalan ‘journey’ kita selanjutnya. Contoh kisah inspiratif Steven Jobs, CEO Apple Inc. Jobs dulu sempat dipecat dari perusahaan yang dia dirikan sendiri. Akhirnya, Jobs mencoba peruntungan lain dengan terus mengexplore kemampuan dia di bidang IT. Akhirnya, dia membuat Apple I bersama kawannya, lalu menjualnya. Hingga seperti saat ini, produknya dikenal banyak kalangan belahan dunia bahwa menduduki posisi Top of Mind.
Berkaca dari hal itu, aku merasa bahwa memang benar. seharusnya rintangan yang selalu kita takuti itu harus kita jadikan ‘kawan’, bahwa dengan rintangan tersebut, membawa kita untuk membuka jalan yang baru

Motto yang kumiliki adalah “always go with the choice that scares you the most, because that’s the one that is going to help you grow”. Dengan moto yang kumiliki itu, menurutku membuat kita menjadi berani untuk step out of our comfort zone, karena dengan kita berani keluar dari zona nyaman kita, tentunya kita akan banyak belajar hal yang baru, dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi, karena banyak orang tidak berani melakukan hal itu atau menaklukkan rasa takut yang ada pada diri mereka sendiri. Dan berdasarkan pengalamanku juga, berani mencoba hal yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya membuka potensi-potensi yang ada di dalam diri kita, dan bisa menemukan passion atau keahlan yang kita senangi.

Motto hidup mungkin saya ga punya, tapi saya suka gabungan kata ini Crazy, Rich and Chill. kenapa saya suka kata-kata ini karena sangat merepresentasikan kehidupan ideal versi saya dalam menjalini hidup. memang terlihat bodoh tapi yaa namanya juga hidup ckckck.

“Hidup seperti air”

Saya berpikir hidup seperti air karena air dapat memberikan kehidupan bagi diri dan orang lain, jadi saya harap dengan adanya saya akan membuat orang lain lebih ‘merasa hidup’ dan dapat mensyukuri kehidupannya. Selain itu, air bermanfaat bagi diri maupun orang lain, jadi saya mau menjadi seorang yang bermanfaat bagi siapapun. Alasan ke3, jika tidak ada air semua akan mencari sampai dapat, jadi saya ingin menjadi orang yang dibutuhkan dan orang lain merasa kehilangan ketika tidak ada saya. Saya juga ingin menjadi air yang bersih, tenang, dan menyegarkan.

This too shall pass. Bahwa tidak ada hal baik maupun buruk yang bertahan selamanya. Perubahan akan selalu terjadi dan tidak dapat dihindari. Kalimat ini membantu mengingatkan saya bahwa setiap kesulitan pasti akan dihampiri oleh keindahan di akhir cerita. Begitu pula ketika merasa bahagia, maka berbahagialah secukupnya karena masih ada hal lain yang menanti.

"Nikmati hidup dan berikan yang terbaik untuk hari ini

Motto ini saya buat sendiri. Hidup dunia ini cuma sekali dan saya percaya kalau kesempatan tidak selalu datang dua kali. Oleh karena itu saya ingin menikmati hidup yang saya miliki ini. Entah itu dalam keadaan susah ataupun senang. Saya ingin memanfaatkan waktu hidup saya dengan mencoba dan melakukan hal-hal positif serta menyenangkan yang dibarengi dengan usaha yang maksimal. Hal ini saya lakukan, karena saya tidak ingin menyesal di kemudian hari sekaligus menjadi penyemangat bagi saya untuk terus melakukan yang terbaik terhadap pilihan yang saya ambil.