Apa sejarah peradaban kuno tertua di Dunia ?

peradaban kuno

Peradaban merupakan kemajuan dalam hal kecerdasan dan kebudayaan lahir batin, dimana hal tersebut yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa. Hal ini sesuai dengan akar katanya, yaitu adab, yang mempunyai makna kehalusan dan kebaikan budi pekerti; kesopanan.

Apa sejarah peradaban kuno tertua di Dunia ?

Maya

Peradaban Maya kuno berkembang di Amerika Tengah dari sekitar 2600 SM. Setelah peradaban didirikan, Maya menjadi salah satu peradaban paling canggih dengan populasi besar sekitar 19 juta pada puncaknya. Pada 700 SM, bangsa Maya sudah merancang sendiri penulisan yang mereka gunakan untuk membuat kalender surya mereka sendiri yang diukir di batu.

Mesir

Mesir kuno dikenal karena budayanya yang luar biasa yakni piramida dan sphinx menjadi bukti kemajuan mereka. Peradaban Firaun yang megah ini berada di tepi Sungai Nil. Peradaban Mesir bersatu sekitar 3150 SM (menurut kronologi Mesir konvensional). Meskipun demikian telah ada pemukiman awal di sekitar lembah Nil pada awal 3500 SM.

Yunani

Yunani bukanlah peradaban tertua di dunia, tetapi menjadi salah satu peradaban paling berpengaruh di dunia. Periode peradaban Yunani kuno telah banyak mengundang banyak perhatian. Orang-orang Yunani menciptakan Olimpiade kuno, konsep demokrasi dan senat. Mereka menciptakan dasar modern geometri, biologi, fisika dan lainnya.

Mesopotamia

Mesopotamia dianggap merupakan peradaban tertua di muka bumi sejak evolusi manusia. Mesopotamia kuno berlangsung sekitar 3.300 SM - 750 SM. Mesopotamia umumnya dikreditkan menjadi tempat pertama dimana masyarakat beradab benar-benar mulai terbentuk.Mereka hidup makmur di wilayah yang sekarang disebut Irak modern. Peradaban Mesopotamia kemudian dikenal sebagai Babilonia, Sumeria dan Asyur.