© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa sebenarnya tujuan utama dari APBN?

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).apbn

Tujuan utama APBN adalah untuk mengurangi kesenjangan sosial dan kemiskinan, sehingga dapat tercapai masyarakat yang adil dan makmur. Sebagai contoh, pisau membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, pisau bukanlah tujuan utama, melainkan hanya alat bantu. Begitu pula dengan APBN yang berfungsi sebagai alat. APBN adalah instrumen kebijakan fisikal dimana pemerintah mengatur penerimaan, belanja, dan pembiayaannya untuk menggerakkan ekonomi dalam mencapai tujuan negara.

Dan, APBN juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pemerintah negara dan kemampuan menghimpun pendapatan negara dalam rangka mewujudkan perekonomian nasional berdasarkan asas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, berkeadilan, efisiensi, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, dan kemandirian guna mencapai Indonesia yang aman, adil, damai, dan demokratis, meningkatkan kesejahteraan sosial, serta menjaga kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.