Apa sebenarnya tujuan utama anda kuliah ?

perguruan_tinggi

(Claus Asido) #1

tujuan utama kuliah

Saya adalah seorang mahasiswa baru. Sebagai anggota baru dalam suatu kelompok yang juga baru, saya sering berpikir sebenarnya kenapa saya ada di sini ? saya pernah mendiskusikan ini dengan beberapa teman namun jawaban yang saya dapatkan masih belum memuaskan saya. Apakah kita di sini hanya untuk mendapatkan ilmu, atau hanya ikut ikut teman, atau mungkin karena kita berpikir bahwa kuliah adalah kewajiban ?


(Dhiki Sekti Wibawa) #2

Berusaha untuk mengembangkan minat dan bakat baik dalam bidang akademik maupun non akademik agar bisa menjadi khalifah yang lebih baik di masa yang akan datang.


(Arnezha Tinar) #3

saya ingin belajar ilmu- ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan saya dan tentunya bermanfaat bagi kehidupan masa depan saya, karena masa depan sangatlah berharga dengan saya berkuliah maka setidaknya saya bisa lulus dengan mendapat gelar sarjana yang tentunya akan memudahkan saya dalam mencari suatu pekerjaan yang layak demi masa depan saya.


(Arinto Bagas Satyoko) #4

Menurut saya, yang paling saya dapat selama di perkuliahan adalah pembentukan karakter, karena menurut wakil rektor sebagai pembicara di raja brawijaya 2016, 50% kesuksesan ditentukan dari masa kuliahnya. mencangkup apa aja sih 50% itu? bisa dari koneksi/pertemanan kita, dari kegiatan organisasi yang kita geluti, dan sedikit berpengaruh juga dari hasil IPK kita.


(Achmad Lintang Wiranandha) #5

Akan bohong jika saya mengatakan saya kuliah hanya ingin belajar dan menimba ilmu dengan apa mata kuliah yang saya minati saja :grin:
Kenyataan dari tujuan saya kuliah adalah supaya saya mendapatkan kerja yang bagus

Tentu, menimba ilmu adalah hal yang pasti dan wajib saya lakukan selama 4 tahun saya belajar. Akan tetapi, realistis saja, kita kuliah dan sama sekali tidak siap untuk apapun diluar sana.

Sistem edukasi kita membuat kita belajar untuk ilmu, bukan belajar untuk hidup. Diluar sana, akan sangat berbeda dengan apa yang kita dapat dan alami di kelas dan kuliah.
Mungkin kita memang disiapkan belajar untuk memahami apa itu puisi, bagaimana sejarah drama dimulai hingga menjadi movie (untuk mahasiswa Sastra Inggris seperti saya :grin:)
Tapi kita tidak disiapkan bagaimana untuk mengatur customer yang ingin menggunakan jasa terjemah kita, atau bagaimana mengatur pajak usaha yang ditimpakan kepada kita.

Intinya adalah, hidup diluar sana di dunia kerja tidak membutuhkan seberapa pintar dan sukses akademis kita akan tetapi seberapa kreatif dan bagaimana kesiapan kita dalam menerima tugas dari bos atau customer karena bagaimanapun akhirnya, setelah kita lulus kita akan bekerja untuk menafkahi kita sendiri dan keluarga.

Maka dari itu, sebaiknya kita bersiap mulai dari sekarang. Persiapkan kemampuan akademis dan kemampuan bekerja nantinya.


(Siti Aisah) #6

Saya kuliah karena saya ingin menambah ilmu (ilmu akademik, ilmu agama, ilmu organisasi) dan pengalaman, saya ingin membangun relasi yang luas, saya juga ingin belajar hidup mandiri dan belajar menjaga diri ketika jauh dari orang tua.
Di lingkungan kampus, terdapat banyak organisasi yang di dalamnya kita bisa belajar banyak hal seperti mengembangkan karakter dan soft skill yang tidak hanya bermanfaat dalam dunia kerja nantinya, tetapi juga penting untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Meskipun tidak menjamin, orang yang berpendidikan adalah orang yang bermoral. Namun setidaknya, kesempatan untuk mengembangkan karakter lebih terbuka luas di lingkungan kampus. Ketika kuliah, kita bisa belajar langsung dari orang-orang hebat di kampus itu, baik para alumni maupun tenaga pendidik yang turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan.
Motivasi terbesar saya untuk kuliah adalah orang tua. Sebagai anak pertama saya merasa memikul tanggung jawab besar untuk memberikan masa depan cerah bagi keluarga.

Butuh perjuangan dan kerja keras untuk mengubah nasib. Kalau bukan saya, siapa lagi? dan perjuangan saya di mulai dari sini. Di kampus biru ini :heart_eyes: