Apa sebenarnya pentingnya Customer Research ?

image

Apa sebenarnya pentingnya Customer Research ?

Customer research atau riset konsumen, sebagian telah dikembangkan sebagai perpanjangan dari bidang riset pemasaran. Hal ini juga telah sangat dipengaruhi oleh akademisi dan praktisi penelitian psikologi, sosiologi, dan antropologi. Metode dan temuan dari ketiga disiplin perilaku telah semakin dipengaruhi sifat dan pendekatan penelitian perilaku konsumen. Dasar konseptual dan pemikiran ekonomi dan disiplin ilmiah dan terapan lainnya juga telah mempengaruhi topik dipelajari dan pertumbuhan penelitian perilaku konsumen.

Sangat penting, mempelajari perilaku konsumen, dalam segenap ramifikasinya, memungkinkan pemasar untuk memprediksi atau mengantisipasi bagaimana pemasar yang lebih baik dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan menawarkan produk mereka lebih cocok dan pesan pemasaran. Praktisi pemasaran juga menyadari bahwa semakin banyak mereka tahu tentang proses pengambilan keputusan konsumen target mereka, semakin besar kemungkinan mereka untuk merancang strategi pemasaran dan pesan promosi yang akan ia menarik dan positif mempengaruhi konsumen target mereka. Masih jauh, tugas mengetahui dan memenuhi kebutuhan konsumen, dan berkomunikasi dengan mereka, menjadi tantangan yang lebih besar, karena lebih banyak perusahaan berusaha untuk menjadi global dalam lingkup, dan untuk memperluas ke negara-negara lebih dan lebih (dengan wawasan lebih dan lebih dibutuhkan untuk memahami keunikan dalam kebutuhan dan preferensi konsumen di negara-negara tertentu). Untuk memenuhi tantangan penting, telah terjadi peningkatan pesat dalam kepentingan dalam melaksanakan lebih studi perilaku konsumen lintas- budaya atau regional, dan bunga bahkan lebih di tingkat global riset konsumen dan pemasaran. Untuk memenuhi kebutuhan pemasar ekspansi global berorientasi, telah terjadi peningkatan jumlah perusahaan global pemasaran konsultasi strategis, serta peningkatan jumlah perusahaan riset konsumen dan pasar yang siap untuk melaksanakan studi perilaku konsumen di seluruh dunia.

Referensi : Pentingnya Riset Konsumen | PDF