© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa sebenarnya makna kesuksesan ?

Gambar: www.maxmanroe.com

Sukses pasti telah menjadi impian semua orang sejak lama. Lalu apa makna dari kesuksesan itu sendiri ?

1 Like

Kesuksesan adalah suatu momentum dimana kita telah mencapai suatu target yg sudah kita tentukan atau sesuatu hal yg menjadi harapan/cita-cita suatu individu. Tentunya melalui banyak proses dan hambatan/rintangan yg berhasil kita lewati. Dengan semua keputusan-keputusan paling bijak yg kita ambil dari semua pilihan. Serta niat kita yg konsisten akan sesuatu hal yg kita harapkan, dan tak lupa akan doa kita yg sudah didengar oleh Allah, dan menurutNya keberhasilan ini pantas kita dapatkan.

1 Like

Kesuksesan merupakan sebuah hal yang tidak konstan. Terdapat banyak sekali makna kesuksesan yang perlu kita sadari.

Apakah kita pernah iri ketika melihat teman kita memiliki smartphone canggih terbaru? Apakah kita pernah menginginkan sesuatu yang sudah kita miliki hanya karena barang tersebut lebih baru dari milik kita? Pernahkah kita berkata, “saya ingin menjadi seperti mereka dengan harta yang berlimpah”?

“Too many people spend money they haven’t earned, to buy things they don’t want, to impress people they don’t like.” – Will Rogers

Masih banyak sekali orang-orang yang menghabiskan banyak uang dari hasil kesuksesan mereka untuk hal-hal yang sebenarnya tidak mereka perlukan. Sikap tersebut, akan perlahan membuat anda menjauh dari kesuksesan anda secara sadar ataupun tidak sadar.

Jika anda memiliki uang yang sangat banyak, tentu anda dapat menyebut diri anda sebagai orang yang telah sukses. Namun apakah orang yang hanya digaji 5 juta perbulan dapat dikatakan sukses? Jawabannya adalah YA! (selama orang tersebut tidak memiliki hutang)

Kesuksesan tidak dapat diukur dari berapa jumlah uang yang anda miliki.

Contohnya adalah J.K. Rowling, penulis serial novel Harry Potter yang kehilangan status miliarder miliknya dari Forbes. Ia memberikan sekitar 160 juta dollar untuk kegiatan amal.

Apakah hal tersebut berarti bahwa Rowling merupakan orang yang tidak dapat mengatur keuangannya? Apakah ia merupakan orang yang sangat boros?

Tentu saja tidak. Jika kita bersikap sangat bijak terhadap hasil yang kita miliki dan hal tersebut kita gunakan untuk membantu sesama yang memang sangat membutuhkan, saya rasa kita telah memahami makna dan meraih kesuksesan.

1 Like

Kesuksesan adalah rasa puas, bahagia terhadap sebuah pencapaian dengan di sertai proses, jika kita merasa puas dan bahagia artinya kita telah meraih kesuksesan. :slight_smile:

1 Like

Kesuksesan memiliki arti yang cukup banyak dan memiliki kadar yang berbeda bagi setiap orang, sukses biasa dikaitkan dengan finansial, perasaan, pencapaian, penghargaan, kedamaian dan lain sebagainya.

Menurut saya, sukses seseorang dapat dilihat dari betapa bahagia hidup yang ia jalani saat ini. Jika seseorang mampu membuat diri mereka bahagia meskipun hanya dengan hal kecil, maka saya bisa bilang bahwa orang itu telah sukses dalam hidupnya.

Sukses esensinya adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak memiliki rasa cemas terhadap masa depannya. Dengan kata lain, sukses menurut pandangan saya adalah ketenangan batin dan jiwa. Jika kedua hal tersebut bisa teratasi maka saya bisa jamin bahwa kehidupan seseorang akan sukses kedepannya.:blush:

6 Likes

Menurut saya arti sebuah kesuksesan adalah mendapatkan apa yang diinginkan tanpa merugikan orang lain, bisa melakukan apa saja tanpa ada kekhawatiran dengan akibat apa yang telah dilakukannya dan bebas melakukan apa saja tanpa mengganggu kebebasan orang lain serta mencapai tujuan apa yang telah ia cita-citakan (tujuannya), dan mendapatkan ketenangan atas semua yang telah dilakukannya. Tidak hanya Anda berhasil dalam hal kekayaan materi saja, tetapi juga menikmati kebahagiaan jiwa, ketenangan batin, kesehatan raga, dan kepuasan hidup karena hidup ini bermakna.

1 Like