Apa Sebab Mars Mendapat Julukan Planet Merah?

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2015/12/mars-planet-merah.jpg

Penyebab warna merah pada permukaan planet Mars.

warnah merah yang menyelimuti planet Mars adalah butiran besi yang berkarat. Ya, ternyata pasir dan bebatuan di planet tersebut mengandung besi dalam jumlah yang besar. Nah besi tersebut menutup seluruh permukaan Mars dengan ketebalan yang beragam, mulai dari bebera milimeter hingga dua meter.

Lalu dari mana datangnya besi tersebut, dan bagaimana bisa sampai berkarat? Padahal kita pernah membahas di artikel yang terdahulu bahwa karat bisa timbul jika besi bereaksi dengan udara dan air. Apakah benar ada air di Mars?

Nah, pada titik ini para ahli masih bersilang pendapat. Ada beberapa teori yang disampaikan, dan yang paling meyakinkan dan banyak dipercaya adalah teori dari Dr. Albert Yen, seorang ahli sains dari NASA.

Dr. Yen menyebutkan bahwa besi (diyakini didapat dari meteorit) yang berkarat di Mars memang terjadi karena proses oksidasi, namun sama sekali tidak membutuhkan air. Ia mengambil tanah dan direkayasa agar kandungannya mirip dengan tanah yang ada di Mars. Informasi kandungan ini didapat dari laporan sebuah misi Mars dengan nama Pathfinder, yang diluncurkan dan mendarat di Mars pada tahun 1997.

Kemudian Dr. Yen membuat lingkungan dengan kondisi atmosfer, tingkat kelembaban, dan paparan sinar ultraviolet yang sama persis seperti di planet Mars. Hasilnya, besi yang terkandung dalam tanah sample tersebut bisa berkarat. Walaupun membutuhkan waktu yang sangat-sangat lama.

Kemudian ia menyimpulkan bahwa proses penyelimutan Mars oleh besi berkarat ini terjadi selama milyaran tahun. Hampir seumuran dengan sistem tata surya itu sendiri.

Teori lain menyebutkan bahwa proses oksidasi besi menjadi berkarat di permukaan Mars memang dibantu oleh air betulan. Hal ini kembali menguatkan dugaan bahwa jutaan tahun yang lalu, planet Mars memang memiliki air yang cukup untuk membuat pasir besi di seluruh permukaan Mars berkarat.

Namun taori ini sulit diterima, sebab bukti tentang keberadaan air di planet yang dianggap paling mirip dengan bumi ini dianggap masih lemah hingga kini.

Sumber : http://sains.me/apa-sebab-mars-mendapat-julukan-planet-merah/