Apa sebab benih selada tidak berkecambah?

Tanaman akan berkecambah apabila lingkungan sesuai untuk menunjang tanaman tumbuh, diantaranya suhu dan kelembaban uang sesuai.
Kira-kira apa sebab benih tanaman selada tidak berkecambah bahkan saya telah menjaga kondisi suhu dan kelembaban, bahkan benih tomat yang saya tanam bersamaan waktunya dengan aselada sudah terjadi proses perkecambahan?

1 Like

Izin menjawab, semoga bisa membantu :grin:

Perkecambahan benih dapat disebabkan oleh banyak faktor, selain dari suhu dan juga kelembaban.

Menurut Kuswanto (1996) dalam Sudjindro (2014) perkecambahan benih dipengaruhi oleh faktor internal dan juga eksternal. Faktor internal terdiri dari kadar air benih, viabilitas awal, dan fisik benih. Sedangkan, faktor eksternal dipengaruhi oleh media perkecambahan, suhu, kelembaban udara dan juga intensitas cahaya.

Atau dengan kata lain, untuk faktor internal adalah benih yang digunakan tidak cukup bagus. Hal tersebut dapat terlihat apabila kita membeli benih sembarangan yang tidak terdapat sertifikat lulus uji BPSB misalnya ataupun benih yang kita gunakan untuk bercocok tanam telah melewati umur simpannya sehingga kurang layak untuk digunakan. Atau mungkin benih yang digunakan memiliki faktor genetik yang kurang baik, sehingga menyebabkan pertumbuhannya lambat ataupun mengalami Dormansi.

Dormansi adalah keadaan dimana benih tersebut sebenarnya hidup tetapi tidak berkecambah walaupun diletakkan pada keadaan yang secara umum telah memenuhi persyaratan untuk berkecambah (Hidayat, 2017).

Sedangkan, untuk faktor eksternal sendiri banyak sekali faktor yang dapat menghambat pertumbuhan dari benih. Seperti kurangnya air untuk melembabkan biji, suhu yang sesuai dan cocok bagi pertumbuhan benih, oksigen yang tercukupi, dan pencahayaan yang cukup.

Sehingga, solusi yang dapat saya berikan adalah mengecek kembali apakah benih selada yang digunakan tersebut telah lolos dari keseluruhan faktor yang menghambat pertumbuhan ataukah belum. Mungkin, untuk langkah awal dalam memilih benih yang baik adalah membeli benih ditoko pertanian dengan merk dagang terpercaya yang telah mengadakan sertiikasi uji benihnya, ataupun ketika akan mulai menanam benih bisa dimasukkan kedalam air terlebih dahulu, dan dilihat apabila benih tenggelam maka benih tersebut dalam kedaan baik. Tetapi, mungkin tidak semua benih dapat menggunakan cara tersebut.

Semoga membantu, tetap semangat bercocok tanam :grin:

Referensi
Sudjindro. (2014). Balittas. Pengaruh Lingkungan Tumbuh Terhadap Perkecambahan Benih Beberapa Genotipe Jarak Pagar. Hal 118-122

Hidayat, Taufiq. (2017). Buletin Tanaman Tembakau, Serat & Minyak Industri. Teknik Pematahan Dormansi untuk Meningkatkan Daya Berkecambah Dua Aksesi Benih Yute (Corchorus olitorius L.). Vol 9(2) Hal 73-81

2 Likes