© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa satelit pertama didunia?

satelit

Saat ini satelit buatan manusia sudah banyak beredar di lapisan luar bumi mengitari bumi, namun, kapan dan siapa yang membuat satelit pertama mengudara di luar angkasa ?

Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957, dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan Sergei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistennya. Peluncuran ini memicu lomba ruang angkasa (space race) antara Soviet dan Amerika.

Sputnik 1 membantu mengidentifikasi kepadatan lapisan atas atmosfer dengan jalan mengukur perubahan orbitnya dan memberikan data dari distribusi signal radio pada lapisan ionosphere. Karena badan satelit ini diisi dengan nitrogen bertekanan tinggi, Sputnik 1 juga memberi kesempatan pertama dalam pendeteksian meteorit, karena hilangnya tekanan dalam disebabkan oleh penetrasi meteroid bisa dilihat melalui data suhu yang dikirimkannya ke bumi.

Satelit merupakan benda luar angkasa yang mengorbit benda lain dengan waktu rotasi dan revolusi tertentu. Satelit dapat mengelilingi planet karena adanya gaya gravitasi dari planet tersebut. Satelit terdiri dari satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami merupakan benda luar angkasa yang sudah ada (bukan buatan manusia) yang mengorbit planet bumi. Contoh satelit alami yaitu bulan. Sedangkan satelit buatan merupakan benda luar angkasa buatan manusia yang diciptakan untuk kepentingan manusia. Contoh satelit buatan yaitu satelit navigasi, satelit komunikasi, dan lain-lain.

Satelit buatan pertama yaitu SPUTNIK 1 yang diluncurkan oleh Uni Soviet pada tahun 1957 [2]. Satelit ini beroperasi pada orbit synchronous. Satelit yang beroperasi pada orbit ini digunakan untuk TV dan radio broadcasting serta operasi militer. Satelit-satelit pertama buatan manusia mengorbit pada ketinggian beberapa ratus km saja dari permukaan bumi dengan periode orbit hanya 1-2 jam saja. Saat ini satelit geostasioner telah digunakan secara luas dengan periode orbit 24 jam. Ini tentunya sama dengan waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk berotasiSatelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober Sputnik 2 diluncurkan pada tanggal 3 November 1957 dan membawa awak mahluk hidup pertama ke dalam orbit yaitu seekor anjing bernama Laika. Satelit buatan manusia terbesar pada saat ini yang mengorbit bumi adalah International Space Station. Mikro satelit merupakan salah satu jenis satelit yang ringan dan kecil sehingga biaya pembuatannya lebih murah dibandingkan satelit yang lainnya. Mikro satelit yang telah diluncurkan adalah satelit Lapan-TubSat pada tahun 2007 dan dikembangkan juga satelit kembar yakni Saletit Lapan-A2 dan Satelit Lapan-A3 yang akan diluncurkan pada tahun 2011.

1 Like