Apa sajakah syarat menjadi masyarakat madani yang perlu bangsa Indonesia perhatikan di era sekarang ini?

Masyarakat madani memerlukan modal ekonomi mandiri yang memungkinkan mereka memiliki bargainning position dan pengaruh politik yang kuat dalam interaksi dengan negara.
Setelah keputusan bebas dari orde baru tentunya bangsa Indonesia harus mampu menuju masyarakat madani.
image

  1. Perubahan politik secara struktural
    Berbagai hambatan yang sekiranya akan dapat mengikis demokrasi harus dihapus. Berbagai bentuk penataan politik yang dilakukan melalui perubahan dan penyusunan perundang-undangan baru harus diarahkan untuk menjamin terbentuknya pemerintahan yang transparan dan menjamin berkembangnya masyarakat yang demokratis dan mandiri.
  2. Perubahan politik secara kultural
    Ketertekanan yang dirasakan oleh masyarakat selama puluhan tahun, telah mengkondisikan masyarakat menjadi sangat tergantung kepada negara. Namun untungnya pendidikan yang telah berkembang luas turut mengembangkan masyarakat yang kian rasional. Peran negara yang kondusif juga berpengaruh positif terhadap peningkatan kesadaran politik rakyat dalam mengaktualisasikan hak-hak politik dan kemandirian sebagai warga negara.
  3. Modal ekonomi mandiri
    Masyarakat madani memerlukan modal ekonomi mandiri yang memungkinkan
    mereka memiliki bargainning position dan pengaruh politik yang kuat
    dalam interaksi dengan negara, agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam menunjukkan eksistensinya. Dalam hal ini, pemberdayaan ekonomi merupakan syarat yang harus dipenuhi agar terbangun masyarakat madani yang kuat.
  4. Kesadaran politik
    Diperlukan kesadaran politik untuk menjaga kohesi sosial dan integrasi politik di kalangan elemen-elemen masyarakat madani. Setelah keruntuhan sistem totaliter, terdapat ancaman kehancuran sendisendi nasionalisme, seperti persatuan, toleransi, dan saling menghargai antar kelompok yang berbeda