Apa Sajakah Judul Film Yang Menurut Kalian itu Plot atau Ceritanya itu Mind-Blowing?

Seringkali kita menemukan dan menonton film - film dari berbagai genre yang sifatnya itu mind blowing (mencengangkan) dan juga ada pula yang membuat kita harus berpikir keras sehingga kita harus menonton film tersebut hingga dua atau bahkan berkali - kali untuk mengerti plot-nya. Tak jarang juga sebuah film juga menampilkan sebuah plot-twist yang tentunya membuat penontonnya tertarik dan penasaran. Dalam industri film modern, hal - hal seperti inilah yang justru malah disukai penonton karena film - film seperti ini seolah membiarkan penonton berspekulasi dan memberikan versi-nya sendiri dalam menerjemahkan plot yang ia tonton sebelum mendapatkan konfirmasi dari aktor/aktris atau dari sutradara film tersebut.

Kalau film yang menurut saya mind blowing itu sendiri adalah film - film karya Christopher Nolan seperti Predestination dan Tenet karena timeline dari plot film - film tersebut dulit untuk ditebak dan perlu di tonton beberapa kali supaya mengerti.

Kalau dari pengalaman youdics sendiri, film mind blowing apakah yang pernah kalian tonton dan apa alasannya kalian mengatakan jika film tersebut mind blowing (entah dari segi plot, plot twist, dan lain sebagainya) ?

Ada dua Film yang menurut saya dari segi alur cerita sangat plot twist, yaitu The Invisible Guest dan The Body. Dua film tersebut garapan sutradara yang sama, yaitu Oriol Paula, dan kedua film tersebut sama-sama bergenre mystery.

Kesamaan lain dari dua film ini adalah penonton seakan-akan dibuat untuk menjadi detektif dan berupaya menebak siapa saja pelaku sebenarnya dari dua kasus yang terjadi dalam film itu. Pemikiran penonton di awal-awal film pasti akan menduga pelaku yang salah, atau berpikir jalan ceritanya terkesan monoton. Namun ketika sampai di ending film saya yakin kalian pasti akan terkejut mengetahui fakta dan alur cerita yang sebenarnya. Jadi daripada kelamaan dan penasaran, lebih baik sehabis baca tulisan ini langsung aja buka Netflix kalian dan tonton deh filmnya.

Setuju banget sih soal ini. Tadinya aku mau jawab Predestination tapi ternyata sudah ada di sini.

Mungkin ketika kita nonton film ini di bagian awal, nampaknya ada beberapa tokoh yang muncul, si tokoh utama perempuan, Barkeep, fizzle bomber, dan lain-lain. Tapi di akhir cerita kita baru menyadari bahwa ternyata mereka semua adalah satu orang yang sama, yang berasal dari waktu yang berbeda-beda. Mengapa bisa ada pria dan wanita? Karena si tokoh yang awalnya terlahir wanita ini menjalani operasi kelamin (karena kelamin ganda) sehingga menjadi pria. Dia menghamili dirinya sendiri di masa lampau, lalu di masa depan dia membunuh ilmuwan gila pembuat bom yang ternyata dirinya sendiri. Butuh 3 kali nonton buatku untuk benar-benar paham plot nya.

Black swan yang diperankan oleh Natalie Portman. film ini memiliki salah satu getaran “kesempurnaan” apa pun yang terjadi. Benar-benar kisah yang misterius.
Ceritanya tentang Nina seorang penari balet yang berjuang keras untuk menjadi pemeran utama balerinanya setelah Beth yang kini pensiun. Nina yang tinggal bersama ibunya harus bersaing dengan banyak balerina untuk menjadi yang teratas. Ibunya memperlakukannya seperti anak kecil dan merawatnya dengan baik, dia tinggal di dunia kecilnya sendiri di mana satu-satunya hal yang harus dia lakukan adalah menguasai balet dan menjalani kehidupan dan dia dibesarkan di premis itu sendiri olehnya. ibu yang merupakan mantan artis. Thomas, instruktur yang memiliki reputasi sebagai guru yang baik dan orang yang menggoda membuatnya kesulitan menyempurnakan teka-teki karakter dengan sering memintanya untuk hidup dengan hati-hati dan memandang Lily sebagai bagaimana dia melanjutkan hidupnya. Ini memberi kita film menuju kesempurnaan dalam suasana gelap dan langkah-langkah menakutkan untuk diatasi.

Sutradara Aronofsky benar-benar membuat penonton menjadi penonton dalam balerina dengan skor, sinematografi, dan suasana yang luar biasa. Akting di seluruh film adalah beberapa yang terbaik yang pernah saya lihat. Semua karakternya kuat dan dimasukkan dengan baik ke dalam cerita, plotnya dibangun dengan cara yang misterius. Film yang sangat bagus.

image

Kalau untuk film mind blowing dari segi plot twist, menurut aku salah satunya adalah film Archive.
Jadi, film itu menceritakan tentang seorang pembuat robot yang bernama George sedang melakukan riset di salah satu wilayah terpencil, pegunungan bersalju. Riset tersebut dibantu oleh dua teman robotnya yaitu J-1 dan J-2 yang dimana mereka berdua disebut sebagai kakak beradik. George disuruh oleh suatu perusahaan untuk membuat robot dan biaya akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan tersebut.

Sayangnya, istrinya meninggal dunia karena sebuah kecelakaan. Walaupun istrinya sudah meninggal akan tetapi memori dari istrinya tetap ada dan sudah disimpan di dalam arsip digital. Nah, George akhirnya berniat untuk membuat sebuah robot perempuan dengan menggunakan memori dari istrinya.

Sebenarnya sedikit bingung dari akhir cerita film ini. Saya sendiri sampai harus melihat review film Archive di Youtube dan Google biar lebih paham. Film diakhiri dengan mesin arsip digital yang dimatikan sehingga memori telah dihapuskan. Wajib untuk ditonton bagi yang suka fiksi ilmiah karena endingnya bener-bener gak ketebak.

Saya rekomendasikan film-film ini, karena memang benar plot twistnya sangat membuat mind blowing kepada penontonnya.

  1. The Departed
    image
    Plot Twist: Ada karakter penting yang malah meninggal
  2. Shutter Island
    image
    Plot twist: Karakter dan tempat sangat shady/mencurigakan
  3. Fight Club
    image
    Plot Twist: Halusinasi
  4. Ex Machina

    Plot Twist: Sifat asli karakter dalam film ini.

Sebagai movie lovers dan menyukai film yang bersifat mind blowing, banyak sekali pilihan film yang dapat kurekomendasikan! Salah satu film yang menurutku sangat bagus baik dari alur cerita atau penyampaian cerita nya adalah film atau series yang berjudul Clickbait yang baru saja release pada bulan Agustus 2021 kemarin. Film ini hanya terdiri dari 8 episode saja, dan dengan sudut pandang yang berbeda di setiap episodenya, dimana setiap menontonnya pun selalu membuat kita menebak-nebak, apakah dia pelakunya? Tapi endingnya ternyata sangat mengagetkan dan ga kepikiran sama sekali! Buat yang penasaran langsung aja cek filmnya di Netflix, karena film ini juga merupakan salah satu film yang banyak di tonton akhir-akhir ini!

MV5BMTU2OGI4YWItMTYxZi00MzU3LThiYjItZTcyNDMyZjI1MDNmXkEyXkFqcGdeQXVyMTEyMjM2NDc2._V1_SX300