Apa sajakah jenis-jenis mangga?

Apa sajakah jenis-jenis mangga?

Buah mangga ternyata memiliki jenis yang cukup banyak, baik di Indonesia maupun mancanegara. Bentuk dan warnanya juga beragam, tapi rasanya sama enaknya lho.

  1. Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu berasal dari Cirebon yang berwarna kuning kemerahan. Ukuran buahnya kecil dan lonjong.

Selain di Cirebon, gedong gincu juga terkenal di Indramayu. Dari segi rasa, gedong gincu asal Indramayu dikenal lebih manis. Sayangnya, ukuran gedong gincu asal Indramayu lebih kecil sehingga kurang diminati.

  1. Mangga Arumanis

Mangga gadung atau arumanis merupakan salah satu buah kebanggaan Probolinggo. Mangga ini berbentuk lonjong dengan ujung meruncing.

Sesuai namanya, mangga ini memang memiliki aroma harum dan rasanya manis. Kulit buah berwarna hijau, tekstur dagingnya lembut, dan tahan lama. Harganya sekitar Rp 14 ribu per kilogram.

  1. Mangga Manalagi

Mangga manalagi memiliki rasa perpaduan antara mangga arumanis dan golek. Ukuran buahnya lebih kecil dari mangga golek.

Ciri khas mangga manalagi adalah dagingnya yang tebal, padat, dan berserat. Manalagi ini termasuk mangga yang tahan lama paska pemetikan dari pohon. Mangga manalagi dibandrol sekitar Rp 15 ribu per kilogram.

Selain mangga yang terkenal, beberapa mangga di bawah adalah yang kurang terdengar:

  1. Mangga Malibu
    Kedengarannya agak asing. Ya, memang mangga ini diimpor dari Australia. Rasanya seperti kelapa. Mangga malibu populer di pertanian Berry Springs, selatan Darwin. Mangga ini dikenal sangat mudah ditanam, hasil kawin silang antara mangga irwin dan kensington pride. Maka dari itu, mangga malibu terlihat besar, enak, dan berwarna merah.

  2. Mangga Madu
    Sepintas mangga madu mirip gadung, kecuali keseluruhan kulitnya berwarna kuning cerah saat matang. Mangga ini sangat manis seperti madu, meski buahnya masih berwarna putih. Buah mangga madu memiliki ukuran yang hampir sama dengan manalagi. Banyak sekali mangga madu dari segala negara, seperti India, Thailand, Hawaii, Florida, dan Afrika Selatan di pasaran.

  3. Mangga Nam Dok Mai
    Dari namanya saja pasti kamu bisa menebak asal mangga ini, kan? Ya, mangga nam dok mai berasal dari Thailand yang panjangnya bisa mencapai 17 sentimeter. Mangga ini dikenal memiliki daging buah tebal, berserat sangat halus, mengandung sedikit air, berwarna kuning, dan lunak.