Apa sajakah hal-hal penting yang harus ada dalam Product Roadmap?

Banyak produk roadmap yang hanya asal dibuat saja tanpa memperhatikan beberapa hal penting. Lalu hal apa sajakah yang dapat dianggap penting dalam Product Roadmap?

Dalam Product Roadmap setidaknya ada 4 hal penting yang harus ada didalamnya, yaitu:

  1. Mempunyai tujuan yang jelas dan dapat diukur
    Sasaran produk harus jelas dan terukur. Dan Anda harus menyelaraskannya dengan tujuan strategis perusahaan Anda. pada akhirnya, tujuan harus mudah dimengerti, ditindaklanjuti, dicapai, dan diukur.
    Pastikan Anda membahas hal-hal penting dengan melampirkan setiap rilisan ke tujuan proyek yang ada. Ketika Anda menyelaraskan sasaran dan inisiatif perusahaan, Anda akan membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan mengidentifikasi hal yang penting dan yang tidak.

  2. Kolaborasi dan Komunikasi
    Product Roadmap sangat berkaitan dengan kolaborasi dan komunikasi Anda. Setiap produk membutuhkan kontribusi dari berbagai anggota tim: pemangku kepentingan bisnis, pengguna akhir, desainer, pemilik produk, dan banyak lagi. Kolaborasi di antara anggota tim ini sangat penting.
    Komunikasi yang konstan membantu menetapkan prioritas dan memfasilitasi perubahan ketika dibutuhkan. Anda akan membangun Product Roadmap terbaik Anda dalam perencanaan apabila melibatkan proses kolaborasi dan komunikasi.

  3. Selaras dengan tujuan korporasi
    tujuan perusahaan adalah sebuah target yang disetujui perusahaan Anda untuk mencapai suatu tujuan. Dipimpin oleh seorang visioner dengan sasaran yang terlihat, inisiatif produk Anda harus selaras dengan tujuan perusahaan. Ketika Anda menyelaraskan keduanya, kepemimpinan dapat lebih mudah mengidentifikasi prioritas khusus untuk produk baru dan Product akan lebih banyak mendapat dukungan.

  4. Selalu ingin belajar
    Riset, dengar, dan pelajari. Luangkan waktu untuk benar-benar memahami audiens utama dan mendengar kebutuhan mereka. Anda tidak akan pernah tahu kapan kesuksesan suatu produk bergantung pada mendengarkan dengan saksama dan mencegahnya.
    Penelitian yang cermat dan mendengarkan secara aktif akan bermanfaat bagi produk Anda, tim Anda, dan kepuasan pengguna akhir Anda. Ini juga akan membantu membuat keputusan berdasarkan pemahaman yang baik.

Referensi