Apa Sajakah Film atau Drama Bergenre Romance Yang Kalian Sukai dan Rekomendasikan ? dan Apa Alasannya?

**Movie and Drama Discussion : Romance **

Banyak dari kita sangat gemar menonton film atau drama di waktu - waktu senggang seperti misalnya saat sedang santai dan kita pun tahu ada banyak sekali genre film dan drama yang bisa jadi pilihan untuk kita. Salah satunya adalah genre romance yang begitu digemari oleh banyak kalangan mulai dari tua dan muda.

Well, saya pun juga memiliki film dan drama romance favorit yakni Trilogi Fifty Shades of Grey, Crazy Stupid Love, dan Too All The Boy’s I’ve loved Before. Alasannya, menurut saya karena plot-nya simple tapi sarat akan makna. Selain itu, khusus Fifty Shades Of Grey, saya pun juga sudah menamatkan membaca trilogi novelnya sehingga enjoy - enjoy aja dalam menontonnya.

Lalu bagaimana dengan kalian, youdics ? Apa sajakah film atau drama bergenre romance yang kalian sukai serta rekomendasikan untuk di tonton dan apa alasannya ?

Saya pribadu sebetulnya tidak terlalu banyak melihat fi bergenre romance tetapi ada 1 film bergenre romance yang cukup saya sukai yaitu 5 Feet Apart. Bercerita tentang 2 orang muda mudi yang memiliki penyakit langka yang mengharuskan mereka menjaga jarak minimal 5 kaki agar tetap aman satu sama lain, mereka menjalani kehidupan di rumah sakit dan berkegiatan di dalam rumah sakit. Menurut saya drama ini cukup menguras air mata karena alur cerita yang cukup unik dan endingnya yang cukup menggantung semakin menambah keunikan dari film ini

Ada salah satu film western romance yang cukup berkesan buat Saya yaitu "The Fault in Our Stars:. Meskipun termasuk salah satu film yang sudah cukup lama.
image

Berkisah tentang Hazel Grace Lancaster yang diperankan oleh Shailene Woodley yang merupakan seorang remaja yang menderita kanker tiroid yang telah menyebar ke paru-parunya. Ibunya, Frannie pun percaya bahwa anaknya Hazel depresi dan mulai mendesak Hazel untuk menghadiri komunitas dukungan pasien kanker setiap minggu untuk membantunya berteman dengan orang-orang yang mengalami hal yang sama. Di sana, Hazel bertemu dengan Augustus Waters yang diperankan oleh Ansel Elgort, seorang remaja yang kehilangan kakinya karena kanker tulang, tetapi tidak merasa terbebani dengan penyakitnya ini. Cerita yang diangkat dalam film ini cukup inspiratif dan menarik bagi saya, karena tidak banyak film yang beredar sekarang ini mengangkat film tentang minoritas apabila mengenai perasaan seseorang yang terkena kanker. Diharapkan menyediakan tisu, untuk berjaga-jaga bila kalian menangis saat menonton film ini nantinya.

Film barat romantis menurut saya adalah film Titanic, karena cinta antara rose dan Jack tidak memandang kasta dikedua belah pihak. Dimana rose yg sebagai bangsawan kaya memilih hubungan dengan seorang pria sederhana yang tampan bernama Jack. Kisah cinta mereka menginspirasi banyak org bahkan ketika Jack mau mati demi menyelamatkan kekasih hatinya rose. Hingga mereka tua pun kisah mereka masih dikenang oleh orang banyak.

Jujur saya jarang sekali menonton film bergenre romance karena memang bukan genre favorit saya. Namun, saya menemukan satu film secara tidak sengaja dan terpaku pada alurnya. Judulnya Sanam Teri Kasam, ya merupakan salah satu film India. Film ini mengangkat budaya dan adat istiadat India yang kental. Bercerita tentang Saru (Saraswati) yang berusaha dicarikan jodoh oleh orang tuanya dengan kriteria lelaki yang tidak sembarangan. Singkat cerita, karena kesalahpahaman, Saru akhirnya harus angkat kaki dari rumah orang tuanya. Yang lebih mengejutkan, Saru tidak dianggap anak lagi dan dianggap telah mati dengan adanya upacara kematian yang diadakan untuknya. Intinya dalam film ini adalah bahwa konon seorang kakak pamali dilangkahi dalam urusan pernikahan dan bagi kepercayaan orang India, perkataan orang tua memiliki dua makna, antara doa dan kutukan.

Emosi Anda akan diaduk-aduk disini dengan plot twist yang disuguhkan. Selamat menyaksikan!

FIlm romance yang saya suka yaitu her dan The Shape of Water

  1. her

her, Salah satu film yang menurut saya underated sekali, beberapa orang mungkin belum mengetahui atau belum tertarik menontonnya, tapi saya jamin kamu akan suka dengan tema dan cinematography film ini. Intinya, karakter utama pada film ini mencintai sebuah Artificial Intelligence, atau yang dapat kita ketahui yaitu komputer.

  1. The Shape of Water

Kemudian ada film ini, yang mana menurut saya sekelas dengan her. Film ini pada intinya menceritakan seorang cleaning service yang jatuh cinta pada mahluk alien akuatik pada tahun 1950an. Konsep cinta yang tidak memandang bulu dan rupa menurut saya sangat ditekankan pada film ini, belum lagi tema steampunk dan vintagenya sendiri sangat nampak di film ini yang sangat menambah kesan estetik, seperti kesan cherry on top.

Film atau drama bergenre romance yang saya rekomendasikan untuk ditonton :

  1. Before Trilogy (Before Sunrise, Before Sunset, Before Midnight)
    Trilogi film bergenre romance yang berbeda dari film-film romance seperti biasanya. Yang berbeda dari film ini yaitu pada (males ah spoiler :laughing:) . Untuk tau bedanya silahkan tonton sendiri :laughing:

  2. (500) Days Of Summer
    Film bergenre romance kedua yang saya rekomendasikan untuk ditonton, film ini secara ringkas menceritakan seorang pria bernama Tom yang baper dengan seorang wanita bernama Summer karena Summer ternyata mempunyai selera musik yang sama dengan Tom :laughing:.
    1604283
    Film ini sangat relate sekali bagi kebanyakan orang termasuk saya. By the way, friendzone sucks :laughing:

  3. You Are the Apple of My Eye
    Film bergenre romance kali ini berasal dari Taiwan. Film ini secara ringkas bercerita tentang anak cowok bandel di kelas yang kemudian dekat dengan anak cewek pintar di kelas, kedekatan tersebut menumbuhkan perasaan cinta di antara keduanya, namun karena satu hal mereka berpisah. Beberapa tahun lamanya, mereka bertemu kembali di pernikahan namun bukan sebagai pasangan, karena pernikahan tersebut merupakan pernikahan si anak cewek pintar dengan calon suaminya. Aduh siapa yang sedang menggiris bawang :slight_smile:.

  4. Eternal Sunshine Of The Spotless Mind
    Film selanjutnya merupakan film salah satu favorit saya juga, film tersebut secara implisit bercerita tentang kenangan antara pemeran utama yang bernama Joel dan seorang wanita unik bernama Clementine. Pesan dari film ini yaitu seberapa buruk hubungan cinta yang meninggalkan luka, kelak tetap ada apa yang bisa dipelajari dari perpisahan tersebut.

  5. Marriage Story
    Film ini benar-benar membuat saya takjub, akting yang dimainkan Adam Driver dan Scarlett Johansson benar-benar totalitas. Film ini secara ringkas bercerita tentang pasangan suami-istri yang sedang dalam keretakan rumah tangga dan diambang perceraian. Film ini benar-benar menggambarkan realitas cinta diantara dua orang yang menjalin hubungan suami-istri.
    MV5BZGVmY2RjNDgtMTc3Yy00YmY0LTgwODItYzBjNWJhNTRlYjdkXkEyXkFqcGdeQXVyMjM4NTM5NDY@.V1_UY1200_CR90,0,630,1200_AL

  6. Blue Valentine
    Film ini dibintangi aktor favorit saya yaitu Ryan Gosling. Secara ringkas film ini bercerita tentang pasangan suami-istri yang tengah mengalami proses perceraian, suami-istri tersebut sudah kehilangan gairah cinta namun apa yang membuat mereka bertahan yaitu sang anak mereka. Film ini too painful too watch bagi saya.

  7. Silver Lining Playbook
    Film ini bercerita tentang seorang pria yang mengidap gangguan mental bipolar disorder dan pertemuannya dengan seorang wanita yang mengidap gangguan mental borderline personality disorder dan hubungan mereka yang mengubah hidup mereka. Film ini menggambarkan kesehatan mental.
    Silver_Linings_Playbook_Poster

Berikut film drama romantis yang sangat berkesan untuk saya, dan ingin saya rekomendasikan:

About Time (2013)

Film Inggris ini merupakan paduan romansa, komedi, kekeluargaan, dan ‘Time-Travel’ dijadikan menjadi satu film penuh adegan-adegan yang simple, relatable, and wholesome soal kehidupan sederhana namun penuh kebahagiaan-kebahagiaan kecil dan menginspirasi kita untuk menjalani setiap hari yang kita punya dengan baik.

Film ini bercerita soal kehidupan Tim Lake, yang pada ulang tahunnya yang ke 21 mengetahui bahwa setiap anggota keluarga laki-laki di keluarganya dapat melakukan perjalanan waktu ke masa-lalu. Awalnya tidak percaya, namun begitu mencoba ia kaget dan memiliki 1001 pertanyaan kepada ayahnya. Dari semua penjelasan dan saran yang ayahnya berikan, satu saran menjadi hal yang paling penting yang ia ingat untuk menggunakan kekuatannya dengan bijak.

Ayahnya memperingatkan Tim bahwa daripada menggunakan kekuatan ini untuk berkuasa atau memiliki uang banyak, yang hanya menyediakan kebahagiaan sementara dan membuat hidup tidak bermakna, Ayah Tim menyarankan menggunakan kekuatan ini untuk meningkatkan kualitas hidup dan kebahagiaan personalnya dalam porsi yang lebih kecil-kecil, memperbaiki masalah kecil atau memanfaatkan waktu, misal seperti ayah Tim yang bisa mengulang satu hari yang baik untuk membaca buku yang berebeda beberapa kali dalam satu hari.

TIm pun memasukan saran ini ke hati dan menjalankan saran tersebut dalam kehidupannya kedepan. Mulai dari membantu anggota keluarganya yang kesulitan, dengan kocak dan susah payah mengejar wanita idamannya, hingga meningkatkan kualitas kehidupan dan kebahagiaan keluarganya sendiri.

Tim akan menjalani suatu hari seperti biasa, lalu sebelum tidur ia akan kembali ke pagi hari itu dan mengulang semuanya, namun berusaha menikmati setiap gampang dan susah, suka dan dukanya, karena ia sudah mengetahui apa yang akan terjadi hari itu, seraya melakukan koreksi seminim mungkin untuk menaruh senyum di wajah teman dan keluarganya, lalu ia akan mengakhiri hari tersebut dengan tidur yang nyenyak.

Tim benar-benar sesyukur memiliki kemampuan yang membuatnya dapat lebih dekat, mencintai, dan membuat bahagia keluarganya, bukan menggunakan kekuatanya untuk hal besar yang drastis dan dramatis, namun hal-hal kecil yang berarti; menginspirasi kita para penonton untuk menikmati hari-hari kita sekecil apapun signifikan hari tersebut.

Untuk endingnya mohon disiapkan tissue :3

Untuk film bergenre romance lebih menyukai film asia, film yang berkesan yang masih berbekas adalah F4 film tersebut memiliki banyak versi dari berbagai negara yaitu Taiwan, Jepang, Indonesia, Korea, China, dan Thailand.

Film romance sendiri tersebut diambil dari komik jepang dan pertama kali difilmkan oleh taiwan tahun 2001 berjudul Meteor Garden yang diperankan oleh Barbie Hsu, Jerry Yan,Vic Chou, Vanness Wu, dan Ken chu. Awal penamaan F4 sendiri diambil dari nama boygroup taiwan yang beranggotakan mereka sendiri terdiri dari Jerry Yan,Vic Chou, Vanness Wu, dan Ken chu merekalah juga yang mengisi ost Meteor Garden.

Versi Indonesia dirilis tahun 2002 berjudul Siapa Takut Jatuh Cinta yang diperankan Leony, Indra L. Brugman, Roger Danuarta, Steve Emanuel, dan Jonathan Frizzy. Kemudian tahun 2017 film tersebut diremake kembali diperankan oleh Natasha Wilona, Verrell Bramasta, Aliando Syarief, dan Bryan Domani.

Versi Jepang dirilis tahun 2005 berjudul Hana Yori Dango diperankan Jun Matsumoto, Mao Inouse, Shun Oguri, Shota Matsuda dan Tsuyoshi Abe. Versi Korea dirilis tahun 2009 berjudul Boy Before Flower atau dikenal dengan BBF diperankan oleh KooHye Sun, Lee Min Ho, Kim Hyung Jung, Kim Bum, dan Kim Joon.

Versi Thailand rencana dirilis tahun 2021 hingga saat ini belum dirilis karena pandemi Covid diperankan oleh Bright (Vachirawit Chivaaree), Win (Metawin Opasiamkajorn), Nani (Hirunkit Changkham), Dew (Jirawat Sutivanisak), dan TU (Tontawan Tantivejakul). Meski film ini diremake oleh berbagai negara namun jalan ceritanya tidak serupa sehingga memiliki warna tersendiri untuk setiap versinya, dan diremake sesuai dengan kebudayaan dan latar belakang negara meraka masing-masing.


2021-09-19T08:46:00Z
KK Sosmed Podcast - Elisabeth Maranatha

Melihat jawaban teman-teman di atas, saya ingin ikut memberikan rekomendasi. Tetapi kali ini kita akan merakyat alias rekomendasi film Indonesia.

Mungkin lebih tepatnya ini adalah webseries yang di unggah oleh salah satu brand gula pasir. Judulnya, “Sore : Istri dari Masa Depan”

webseries ini menceritakan tentang seorang lelaki, Jonathan, yang tiba-tiba dikagetkan dengan kemunculan seorang wanita bernama Sore yang mengaku sebagai istrinya dari masa depan. series ini mengajarkan saya perjuangan untuk orang tercinta baik dari sisi Jo maupun Sore. Berlatar belakang negara Italia yang indah, pengambilan gambar yang estetik dan soundrack akustik menjadi paket lengkap sebagai film yang akan saya tontoh berulang-ulang ketika sedang me time.


He’s Just Not That Into You
Film yang termasuk lama sebenarnya, tayang pada 2009, namun jalan ceritanya masih nyambung dengan kehidupan romansa zaman sekarang. Film yang diadaptasi dari buku ini menceritakan kisah beberapa pasangan, tetapi akan lebih fokus pada kisah cinta seorang perempuan bernama Gigi yang sudah lama jomblo. Ia melakukan banyak kencan dengan laki-laki, tetapi tidak pernah berlanjut ke jenjang yang lebih serius. Hingga akhirnya ia bertemu seorang laki-laki yang memberikannya saran percintaan dari sudut pandang laki-laki.
Saya setuju dengan pesan yang ingin disampaikan oleh film ini, jika seorang laki-laki benar-benar menginginkanmu maka ia akan berusaha mendapatkanmu, bukannya malah membuatmu bingung atau memberikan banyak alasan yang sebenarnya ia gunakan untuk menghindarimu. Film ini juga menyadarkan perempuan untuk tidak menaruh ekspektasi tinggi atau berkhayal yang berlebihan saat baru berkenalan dengan laki-laki agar tidak ada drama baper-baperan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

image

image

Gimana? Tertarik untuk menontonnya?

Genre favorit saya entah ketika menonton drama atau film adalah romance, romance-comedy, pokoknya yang berbau romance. Karena simpel, tujuan saya melihat film adalah untuk menenagkan diri dari segala kesibukan sehingga saya memilih untuk tidak melihat film atau drama yang membuat saya kembali berpikir. Hehehehe.

Beberapa rekomendasi saya,

  1. 10 things i hate about you, bercerita tentang seorang perempuan yang dijadikan bahan taruhan. Patrick ditantang untuk berkencan dengan Kat oleh laki-laki model yang say alupa namanya, agar ia bisa berkencan dengan adiknya Kat, Bianca. But it turns out, they fall in love each other.
  2. Flipped, bercerita tentang cinta pertama Julie Baker yaitu Bryce Loski, tetangga barunya. Akan tetapi Bryce benar-benar tidak menyukai Julie untuk beberapa alasan. Ketika Julie berusaha untuk move on, Bryce malah mengejarnya. Wkwkwk.
  3. 13 to 30
  4. 27 dresses
  5. how to lose a guy in 10 days
    dst.
    Kepanjangan kalau aku buat listnya nanti hehehehe