Apa sajakah Elemen-elemen Penting dalam Sebuah Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Dalam sebuah jaringan tentunya ada beberapa elemen-elemen atau alat pendukung berdirinya sebuah jaringan komputer tersebut.

Terdiri dari apakah elemen-elemen penting dalam sebuah jaringan komputer itu?

Untuk dapat disebut sebuah jaringan komputer, tentu ada beberapa elemen pembangun tersebut. Elemen penting dalam sebuah jaringan komputer dapat terbagi menjadi 2, yaitu Node dan Link.

Untuk Node, terdiri dari sebuah Personal Computer(PC). PC mempunyai peralatan dengan fungsi khusus yaitu :

  1. Host
  2. Switch : Perangkat umum yang digunakan untuk interkoneksi Local Area Networks (LAN).
  3. Hub : Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan pada topologi star.
  4. Bridge : Berfungsi menghubungkan dua buah LAN yang sejenis, sehingga dapat memiliki satu LAN yang jauh lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa Bridge.
  5. Router : Berfungsi agar data sampai ke tempat tujuan pada jaringan sesuai yang dikehendaki.

Sedangkan untuk Link terdiri dari bagian-bagian berikut :

  1. Kabel Coaxial : Adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Jenis kabel ini biasa digunakan untuk jaringan dengan bandwith yang tinggi.
  2. Kabel UTP : Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis Kabel Jaringan yang menggunakan bahan dasar Tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam Jaringan lokal (LAN).
  3. Kabel Fiber Optic : Kabel fiber optik dibuat dari kaca yang dibungkus oleh pelindung dan material penguat. Fiber optik menggunakan cahaya untuk menghantar isyarat, berbeda dengan kabel tembaga yang menggunakan sinyalelektronik. Kabel fiber optik mendukung transmisi data berkecepatan tinggi tidak sama halnya dengan kabel tembaga (UTP dan Coaxial).

Sumber :



file:///C:/Users/ASUS/Downloads/jarkom.pdf
http://andi-profile.blogspot.co.id

Dalam sebuah jaringan komputer pada umumnya terdapat perangkat, media, dan layanan yang diikat oleh aturan yang bekerja sama untuk mengirim pesan.

image

Pada gambar di atas dapat dilihat 4 elemen jaringan komputer, yaitu:

  • Aturan (rules)
  • Media (medium)
  • Pesan (messages)
  • Perangkat (device)

Jaringan komputer dapat digambarkan secara grafis seperti gambar dibawah ini

image

Pada sisi kiri gambar di atas diperlihatkan beberapa perangkat umum yang merupakan tempat asal pesan yang menjadi bagian dari komunikasi kita. Perangkat ini terdiri atas berbagai jenis komputer (PC dan laptop ikon akan ditampilkan), server, dan telepon IP. Pada jaringan area lokal perangkat ini biasanya dihubungkan dengan media LAN (wired atau wireless).
Sisi kanan gambar di atas memperlihatkan perangkat yang disebut dengan intermediate devices (perangkat perantara), yang digunakan untuk mengarahkan dan mengelola pesan dalam jaringan.

  • Switch – perangkat umum yang digunakan untuk interkoneksi Local Area Networks (LAN).
  • Firewall – menyediakan keamanan untuk jaringan.
  • Router – membantu mengarahkan pesan saat melakukan perjalanan di jaringan.
  • Wireless Router – router tipe khusus yang sering ditemukan di home networks.
  • Cloud – digunakan untuk meringkas sekelompok perangkat jaringan, rincian yang mungkin tidak penting untuk didiskusikan.
  • Serial Link – salah satu bentuk dari interkoneksi WAN, yang diwakili oleh petir berbentuk garis.

Agar jaringan dapat berfungsi, perangkat harus saling berhubungan. Dapat berupa koneksi jaringan kabel (wired) atau nirkabel (wireless).

sumber :
firarif.wordpress.com : Elemen-elemen Jaringan Komputer

Dalam sebuah jaringan komputer ada beberapa bagian yang penting dan merupakan dasar dari sebuah jaringan komputer itu sendiri :

  • Server
    Sebuah komputer server berfungsi untuk menyediakan fasilitas dan informasi untuk komputer client. Selain itu, komputer server juga berfungsi untuk mengelola suatu jaringan komputer.
    Maka dari itu, tipe komponen yang digunakan oleh komputer server harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari komputer client.

  • Client
    Komputer client merupakan komputer-komputer yang dapat menggunakan/ mengakses layanan yang disediakan oleh komputer server. Komputer client bisa juga disebut sebagai workstation/ node.

  • Lan Card/NIC
    LAN Card atau NIC bertujuan agar sistem jaringan antar server dengan workstation, dapat saling terhubung. Ada beberapa tipe NIC, yaitu ISA, PCI dan EISA.

  • Konektor
    Hardware yang digunakan untuk menghubungkan antara port LAN Card dengan kabel.
    Konektor ini lebih dikenal dengan istilah RJ45. Selain itu, RJ45 juga merupakan konektor standar untuk kabel UTP.
    RJ45 dipasang di kedua ujung kabel dengan menggunakan alat penjepit (crymping tool)

  • Kabel
    Seperti yang kita tahu, kabel merupakan kebutuhan pokok yang sangat diperlukan untuk membangun sebuah jaringan.
    Selain jenis-jenis kabel, jarak dan kecepatan dari kabel tersebut juga harus diperhatikan

  • HUB/Switch/Router
    HUB digunakan untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari workstation, server maupun perangkat lainnya. HUB bersifat fleksibel. Karena setiap saat, kita bisa menambahkan client tanpa mengganggu operasi jaringan.Berbeda dengan HUB yang melanjutkan paket data ke semua port workstation, Switch hanya melanjutkan paket data ke port penerima yang dituju.
    Itulah sebabnya mengapa Switch sering dikatakan lebih cerdas daripada HUB. Switch ada yang menggunakan kabel ataupun yang tanpa kabel (wireless).Untuk menyambungkan 2 jaringan yang berbeda, kita memerlukan router. Router berfungsi sebagai jembatan antara kedua jaringan tersebut.

Sumber