Apa saja yang yang harus dipersiapkan untuk melakukan sesi riset kebutuhan pelanggan?

manajemen_produk

(dummy_vk) #1

Market research adalah tahapan yang cukup krusial bagi penciptaan sebuah produk. Dalam riset tersebut, tentunya persiapan merupakan hal yang sangat penting pula agar informasi yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Jadi, apa sajakah persiapan yang dibutuhkan sebagai persiapan melakukan riset pasar?


(Vallian Kautsar) #2

       Market research/riset pemasaran/riset pasar dapat memberikan gambaran bisnis tentang jenis produk dan layanan baru yang dapat mendatangkan keuntungan. Untuk produk dan layanan yang sudah tersedia, riset pemasaran dapat memberi tahu perusahaan apakah mereka memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan mereka. Dengan meneliti jawaban atas pertanyaan spesifik, pemilik usaha kecil dapat belajar apakah mereka perlu mengubah desain paket mereka atau mengubah metode pengiriman mereka - dan bahkan apakah mereka harus mempertimbangkan menawarkan layanan tambahan.

       Paul Mooney adalah direktur di Blue Orchid, sebuah layanan pendukung bisnis kecil. Menunjuk ke dukungan Blue Orchid menawarkan untuk startup, Mooney mengatakan bahwa banyak waktu mereka akan meminta orang untuk pergi dan melakukan lebih banyak riset pasar sebelum mendatangi mereka untuk meminta bantuan. “Ini hal yang mendasar,” dia menjelaskan. "Anda perlu tahu apakah ada pasar untuk produk atau jasa Anda, berapa banyak permintaan di luar sana, siapa pelanggan potensial Anda, apa yang mereka siap bayar, seberapa sering mereka siap untuk membayarnya dan apakah Anda akan dapat untuk menghasilkan uang dari apa yang orang-orang siap bayar untuk produk atau jasa Anda? "

       Apapun sektor Anda, pahami konteks budaya, sosial, dan ekonomi di mana Anda berdagang sangat penting. Anda harus mengetahui tentang area lokal, apa pesaing Anda, dan apa yang orang akan siapkan untuk membayar produk atau layanan Anda.

       Langkah yang harus anda lakukan sebelum melakukan Riset pasar agar riset pasar anda berada pada area yang benar adalah:

  1. Merumuskan Masalah Penelitian Pemasaran
    Merumuskan masalah adalah langkah pertama dalam proses penelitian. Dalam banyak hal, penelitian dimulai dengan masalah yang dihadapi manajemen. Masalah ini perlu dipahami, penyebabnya didiagnosis, dan solusi dikembangkan.

  2. Metode Penyelidikan.
    Metode ilmiah adalah pola standar untuk penyelidikan. Ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk menggunakan pengetahuan yang ada sebagai titik awal dan melangkah tidak memihak.

  3. Metode penelitian
    Selain memilih metode penyelidikan (objektif atau subjektif), Anda harus memilih metode penelitian.

  4. Desain penelitian
    Desain penelitian adalah rencana atau kerangka kerja untuk melakukan studi dan mengumpulkan data. Ini didefinisikan sebagai metode dan prosedur spesifik yang Anda gunakan untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

  5. Teknik Pengumpulan Data
    Desain penelitian Anda akan berkembang saat Anda memilih teknik yang akan digunakan. Ada banyak cara untuk mengumpulkan data. Dua metode penting untuk dipertimbangkan adalah wawancara dan observasi. Wawancara mengharuskan Anda mengajukan pertanyaan dan menerima tanggapan.

  6. Contoh Desain
    proyek riset pemasaran kami jarang akan meneliti seluruh populasi. Lebih praktis untuk menggunakan sampel — representasi yang lebih kecil tetapi akurat dari populasi yang lebih besar.



Referensi:

How to Do Market Research–The Basics
Marketing Research Process
Small business tips: How to do market research