Apa saja yang wajib dipersiapkan sebelum mengadopsi kucing?

Kucing

Apa saja yang wajib dipersiapkan sebelum mengadopsi kucing?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengadopsi kucing antara lain :

  1. Komitmen finansial
    Merawat kucing membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak hanya pengeluaran rutin setiap bulannya seperti makanan,minuman, pasir atau minuman. Kamu juga harus menyiapkan untuk biaya vaksinasi, steril dan menyiapkan dana darurat jika sewaktu-waktu kucingmu sakit atau membutuhkan perawatan medis.

  2. Komitmen meluangkan waktu
    Meskipun kucing terlihat seperti makhluk mandiri yang tidak membutuhkan banyak perhatian, tapi ia bisa merasa sangat kesepian dan sedih jika seringkali dihiraukan. Luangkan waktu setiap hari minimal 15 menit untuk mengelus-elus dan bermain dengannya.

  3. Mencari tahu kucing yang tepat untukmu
    Sebelum memutuskan mengadopsi, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kucing yang tepat untukmu baik dari jenis ras, kepribadian, umur, jenis kelamin, kecenderungan untuk memiliki bulu rontok atau apapun itu faktor yang penting untukmu. Misalnya anak kucing akan lebih aktif dan nakal sedangkan kucing yang lebih tua akan lebih kalem, cocok untukmu yang tidak banyak waktu untuk mengajaknya bermain.

  4. Peralatan dasar yang harus kamu punya

    • Tempat makan dan minum.

    • Kotak pasir, pasir, dan sekopnya.

    • Sisir atau sikat khusus kucing untuk menyikat bulunya untuk meminimalisir hairball dan peralatan mandinya seperti sampo, handuk, dan sikat gigi.

    • Mainan. Jangan sampai kucingmu merasa bosan!

    • Tiang garukan untuk mengasah kukunya. Kamu tidak mau sampai furniturmu jadi korban, kan?

    • Kandang. Memang sebaiknya kucing kamu nggak dikandangin seharian, tapi ada kalanya kandang ini diperlukan juga, misalnya saat harus memisahkan dengan kucing atau hewan lain dan keadaan terdesak lain.

    • Pet cargo untuk membawa kucing kamu bepergian.

    • Kalung tanda pengenal, jaga-jaga ia bisa melarikan diri keluar rumah. Jika kamu bisa memberikannya mikrocip, lebih baik lagi.

  5. Memilih dokter hewan

  6. Menyiapkan rumah yang aman