Apa saja yang termasuk kedalam aspek-aspek kecemasan?

cemas

(aditya) #1

Kecemasan yang dialami oleh seseorang dapat di golongkan kedalam beberapa aspek. Apa saja aspek-aspek kecemasan tersebut?


(hanaaa) #2

Menurut Stuart dan Sundeen (1998) manifestasi cemas dapat meliputi beberapa aspek seperti:

  1. Aspek fisiologi, meliputi sistem kardiovaskuler, sistem pernapasan, sistem neuromuscular, sistem perkemihan, sistem gastrotestinal dan sistem integument.

  2. Aspek kognitif, meliputi gangguan perhatian, konsentrasi hilang, pelupa, salah tafsir, bloking pada pikiran, lahan persepsi menurun, kreativitas menurun, kesadaran diri yang berlebihan, khawatir yang berlebihan, dan takut.

  3. Aspek perilaku, meliputi gelisah, ketegangan fisik, tremor, gugup, menarik diri dan menghindar.

  4. Aspek afektif, meliputi tidak sadar, tegang, takut yang berlebihan, gugup yang luar biasa dan sangat gelisah.

Menurut Kendall dan Hammen (1998) terdapat empat aspek kecemasan yang meliputi:

  1. Aspek fisiologis, ketika pikiran individu dikuasai oleh kecemasan maka system saraf otonom akan berfungsi dan akan muncul gejala-gejala fisik seperti jantung berdebar, tekanan darah meningkat, nafas cepat, dan terjadi gangguan pencernaan.

  2. Aspek kognitif, merupakan kekhawatiran individu terhadap konsekuensi negatif yang mungkin akan dialaminya. Jika kekhawatiran meningkat, maka akan mengganggu kemampuan individu untuk berpikir jernih dan memecahakan masalah.

  3. Aspek afeksi, berupa munculnya kondisi perasaan yang tidak menyenangkan seperti gugup, gelisah, dan tegang.

  4. Aspek perilaku, merupakan komponen kecemasan yang berkaitan dengan reaksi individu ketika mengalami kecemasan.

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa kecemasan memiliki empat aspek yang meliputi aspek fisiologis yang terlihat melalui munculnya beberapa reaksi tubuh, aspek emosional afektif yang berupa perasaan tidak menyenangkan, aspek kognitif yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan mengatasi masalah dan aspek perilaku yang tampak dalam aktivitas sehari-hari.