Apa saja yang termasuk dalam instrumen-instrumen perkusi?

Dalam apresiasi musik, terdapat medium-medium musikal, salah satunya adalah medium instrumental. Terdapat instrumen-instrumen perkusi. Dalam instrumen perkusi terdapat kelompok. Apa saja yang termasuk dalam instrumen-instrumen perkusi?

Instrumen perkusi pada dasarnya merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara baik karena dipukul, dikocok, digosok, diadukan, atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut. Istilah instrumen perkusi biasanya digunakan pada benda yang digunakan sebagai pengiring dalam suatu permainan musik

Instrumen perkusi diklasifikasikan ke dalam bermacam-macam kriteria, kadang-kadang bergantung pada konstruksinya, adat istiadat/tradisi, fungsi dalam teori musik dan orkestra, atau kelaziman dengan pengetahuan umum yang ada.

Bedasarkan kelaziman menurut pengetahuan umum
Meskipun sulit untuk mendefinisikan arti dari “pengetahuan umum”, terdapat beberapa instrumen yang digunakan oleh perkusionis dan komposer dalam permainan musik yang tidak dapat layak dimasukkan sebagai sebuah instrumen musik . Karenanya, untuk membedakan instrumen satu dengan lainnya adalah berdasarkan penerimaan dan pertimbangan dari pendengar secara umum.

Contoh, banyak kalangan menganggap anvil, brake drum, atau kaleng drum yang digunakan untuk menampung minyak sebagai instrumen musik, meski benda-benda tersebut cukup sering digunakan oleh komposer dan perkusionis dalam musik modern yang ada saat ini.

Beberapa jenis instrumen musik perkusi yang termasuk dalam kategori ini adalah:

Populer
Drum kit
Gong
Tamborin

Kurang populer
Sapu
Pot bunga
Botol galon
Kaleng minuman
Pipa besi
Tas plastik
Kereta belanja
Roda sepeda
Bebatuan
Tong