Apa saja yang termasuk dalam elemen-elemen musik?

Apa saja yang termasuk dalam elemen-elemen musik ?

Musik dapat dianalisis dengan mempertimbangkan berbagai elemen, atau bagian (aspek, karakteristik, fitur), secara individu atau bersama-sama. Daftar elemen utama yang umum digunakan meliputi pitch, timbre, tekstur, volume, durasi dan bentuk. Unsur-unsur musik dapat dibandingkan dengan unsur-unsur seni atau desain. Apa saja yang termasuk dalam elemen-elemen musik ?

1 Like

Menurut Kamien (2004), terdapat berbagai elemen-elemen dalam musik, diantaranya sebagai berikut :

  1. Suara
    Nada, Dinamika, Warna Nada. Nada adalah tinggi rendahnya suara yang di dengar. Dinamika adalah derajat keras atau lembutnya musik. Warna nada adalah kualitas yang membedakan suara musik.

  2. Instrumen Musik
    Instrumen adalah setiap alat - selain suara – yang menghasilkan suara musik.

  3. Irama
    Irama adalah bagaimana mengalirnya sebuah musik saat dimainkan. Terdiri dari beberapa aspek yang saling berkaitan : 1) Beat, ketukan yang menentukan musik tetap seimbang di dalam satu kesatuan waktu. 2) Meter, merupakan pengorganisasian beat yang dibuat dalam bentuk pengelompokan. 3) Aksen dan Sinkopasi, sebuah not yang paling jelas ditekankan dengan memainkannya lebih keras dibandingkan not lainnya disebut juga dengan aksen, sedangkan sinkopasi adalah sebuah efek dimana sebuah not aksen muncul lebih dari satu 4) Tempo, cepat lambatnya beat sebuah lagu.

  4. Notasi Musik
    Notasi Musik adalah sebuah sistem penulisan dalam musik dimana menunjukkan nada dan irama spesifik yang dapat dikomunikasikan.

  5. Melodi
    Melodi adalah serangkaian nada tunggal yang disatukan sehingga dapat dikenali keseluruhan.

  6. Harmoni
    Harmoni adalah cara sebuah chord dibentuk dan bagaimana mereka mengikuti satu sama lain.

  7. Kunci
    Kunci merupakan pusat melodi, tidak hanya pusat melodi namun pusat skala dan chord.

  8. Tekstur Musik
    Tekstur musik adalah seberapa banyak perbedaan lapisan suara yang didengar dan bagaimana bentuknya (melodi atau harmoni) dan bagaimana keduanya berhubungan satu sama lain.

  9. Bentuk Musik
    Bentuk musik berhubungan dengan bentuk, struktur, pengaturan, dan koherensi. Form merupakan organisasi dari elemen-elemen yang ada pada musik.

  10. Pertunjukan
    Pertunjukan merupakan tugas dari performer untuk membawakan simbol yang disampaikan oleh komposer.

  11. Gaya Musik
    Gaya musik adalah karakteristik dalam memainkan melodi, irama, warna nada, dinamika, harmoni, tekstur, dan bentuk. Kombinasi dari elemen-elemen ini akan menghasilkan musik yang berbeda atau unik.

Referensi

Yufika, Gita. 2016. Perbedaan Emosi Musikal pada Saat Diperdengarkan Musik dengan Jenis Musik dan Tempo yang Berbeda. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.