Apa saja yang terdapat di dalam Plan Quality Management?

“Quality is never an accident; it is always the result of high intention, sincere effort, intelligent direction and skillful execution; it represents the wise choice of many alternatives.” William A. Foster

Plan Quality Management adalah proses mengidentifikasi persyaratan kualitas dan / atau standar untuk proyek dan hasil-hasilnya, dan mendokumentasikan bagaimana proyek akan menunjukkan kepatuhan dengan persyaratan kualitas yang relevan. Manfaat utama dari proses ini adalah memberikan panduan dan arahan tentang bagaimana kualitas akan dikelola dan divalidasi di seluruh proyek.

Atau dengan kata lainPlan Quality Management adalah proses manajemen proyek yang mengidentifikasi kualitas persyaratan dan standar proyek serta hasil yang dapat dihasilkan. Juga bertanggung jawab untuk mendokumentasikan bagaimana dengan standar yang ditetapkan dan persyaratan kualitas.

Manfaat dari proses ini adalah memandu dan mengarahkan bagaimana kualitas harus dikelola dan divalidasi di seluruh pelaksanaan proyek. Untuk membuat Plan Quality Management,maka dibutuhkan input seperti

  • Rencana manajemen proyek
  • Daftar risiko
  • Dokumentasi persyaratan
  • Daftar pemangku kepentingan
  • Aset proses organisasi
  • Faktor lingkungan perusahaan yang diperlukan

Proses manajemen proyek ini diperlukan untuk membuat Plan Quality Management, metrik kualitas, dan daftar periksa. Ini juga dapat menyebabkan pembaruan dokumen proyek.

Penting untuk mencatat bahwa perencanaan mutu harus dilakukan dengan proses perencanaan lainnya. Sebagai contoh, perubahan dalam hasil mungkin memerlukan penyesuaian jadwal dan biaya serta analisis risiko untuk menunjukkan bagaimana hal itu berdampak pada keseluruhan rencana. Perencanaan kualitas sangat penting dalam manajemen proyek dan Plan Quality Management memastikan bahwa semuanya sudah ada sebelum proyek dilaksanakan.

"Referensi

Project Management Body of Knowledge (PMBOK)