Apa saja yang perlu kita perhatikan saat mengumpulkan dana untuk startup kita?


(Abdul Latif) #1

Banyak pertimbangan pastinya saat kita mengumpulkan dana untuk startup kita. Para investor-pun sangat teliti dalam memberikan dana kepada bebrapa startup. Mereka tidak sembarangan dalam memberikan dana. Banyak faktor - faktor yang mereka perhatikan.

www.investormarketinglists.com

Untuk mendapat dana dari investor, apa yang harus kita perhatikan? Adakah hal yang tidak boleh kita lakukan saat meminta dana pada investor?


(Nicky Setyowati) #2

Artikel diambil dari saintia.com, dengan judul Hindari Beberapa Hal Ini Saat Anda Mengumpulkan Dana Startup Anda.

Dalam membangun startup tentu dibutuhkan dana, dan dana tersebut tidaklah sedikit. Peran investor sangatlah penting pada hal ini. Namun, anda sebagai pendiri startup harus mengerti cara – cara dalam mencari dana, dan jangan sampai melakukan kesalahan.

Menurut Yoram Solomon pada tulisannya di inc-asean.com, ia pernah mengalami kegagalan saat membangun startup pertamanya. Kesalahan yang terjadi adalah saat ia mengumpulkan dana. Kesalahan sering terjadi saat melakukan presentasi kepada investor. Anda terlalu percaya diri akan apa yang akan anda bawakan dihadapan investor.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari saat mencari dana menurut Solomon:

“Setiap orang akan membayar lebih setiap bulannya untuk produk ini”

Tidak semua orang menginginkan produk yang anda buat. Anda mungkin menyukai produk anda, namun disisi lain, banyak pula yang tidak suka dengan produk anda. Anda harus mempertimbangkan nilai yang pas agar customer mau untuk membayar produk anda.

“Tidak ada pesaing dalam bidang ini”

Jika tidak ada pesaing, bisa jadi pasar-pun tidak ada? Lakukanlah sebaliknya, tunjukkan kepada investor siapa pesaing anda, apa yang customer inginkan dan tunjukkan bagaimana anda bisa unggul dari pesaing anda.

“Anda tidak dapat membuat ini selama setahun dengan dua orang saja”

Berapa lama sebenarnya yang anda butuhkan? Seberapa besar tim anda? Salah satu respon investor ketika anda berkata demikian. Jangan pernah beranggapan bahwa anda dan tim anda dapat melakukan apa yang orang lain tidak bisa.

“Ini sedikit sulit dijelaskan”

Jangan pernah berkata seperti itu didepan investor. Para investor akan beranggapan jika anda tidak bisa menjelakan didepan mereka, bagaimana anda menjelaskannya didepan customer.

“Maaf jika slide kurang bisa dibaca”

Jangan ucapkan kata maaf pada para investor, itu tidaklah penting. Yanng terpenting adalah, anda tidak boleh mengulanginya lagi. Buatlah slide yang mudah dibaca dan jelas.

“Ini dapat menyaingi perusahaan besar seperti Google”

Itu adalah tuntutan yang sangat besar. Google sendiri tidak ada rencana bakal tersaingi oleh perusahaan anda, dan lebih Google dapat menghancurkan usaha anda dengan mudah. Dengan berkata seperti ini, anda akan terlihat arogan dihadapan investor.

“Yang kita butuhkan hanya 1% pasar”

Kenapa hanya 1%, kemana yang 99% lainnya? Berarti orang lain memegang 99% pasar, kenapa? Dan kenapa orang akan membeli produk anda dan tidak pada orang yang memegang 99% pasar? Buatlah segmentasi yang dapat anda kuasai.

“Saya tidak menyangka tidak ada yang memikirkan ini”

Jangan berbicara seperti itu, ini layaknya anda berpikir bahwa orang lain cukup bodoh karena tidak memikirkannya. Anda-pun akan dianggap oleh investor sebagai orang yang arogan. Investor memang senang dengan produk yang luar biasa, namun mereka juga melihat bagaimana orang tersebut membawanya dengan pengetahuan dan pengalamannya.

“Produk ini akan terjual dengan sendirinya”

Tidak ada produk yang terjual dengan sendirinya. Saat investor mendengar ini, maka mereka berasumsi bahwa anda tidak mengetahui akan kondisi pasar saat itu, atau anda tidak memiliki rencana yang baik dalam pemasaran.

Para investor sangat ingin bertemu dengan pengusaha yang percaya diri, namun tidak arogan. Mereka lebih senang bertemu dengan orang yang memiliki pemikiran kedepan, pengembangan yang baik dan rencana pemasaran yang baik pula. Dengan menghindari kesalahan diatas, maka anda bisa mendapatkan dana lebih mudah dengan investor.

Sumber artikel : http://www.saintia.com/hindari-beberapa-hal-ini-saat-anda-mengumpulkan-dana-startup-anda/