Apa saja yang perlu disiapkan sebelum terjun dalam bisnis Fotografi ?


(Alex Pratama) #1

Sama seperti bisnis lainnya, dalam bisnis fotografi pun harus ada perencanaan yang matang. Apa saja yang perlu disiapkan sebelum terjun dalam bisnis Fotografi ?


(Muhammad Luthfi Dani Kamil) #2

Yang perlu disiapkan sebelum terjun dalam bisnis fotografi adalah berikut:

1. Lokasi

Lokasi menjadi syarat mutlak saat berbisnis fotografi, apalagi dalam skala besar. Pilih lokasi yang lebar, luas, dan nyaman karena di sana kamu akan bertemu dengan klien dan lokasi menjadi tempat penyimpanan peralatan fotografimu.

2. Ruang Tunggu

Ada kalanya kamu harus mengembangkan bisnis fotografimu, maka ruang tunggu untuk tamu juga harus kamu sediakan. Apalagi biasanya klien atau konsumen menunggu hasil foto yang tak sebentar. Maka dari itu, siapkan ruang tunggu yang nyaman dengan mengatur sofa sehingga klien bisa melihat keadaan sekitar. Dan jangan lupa pajang hasil karya fotomu agar mereka tahu kualitas fotomulah yang terbaik. Bahkan jika perlu sediakan majalah, makanan, atau minuman yang membuat mereka tak bosan saat menunggu hasil foto.

3. Pilih Karyawan

Jangan lupa untuk mencari karyawan yang terbaik. Dalam artian mereka tak hanya memiliki kemampuan fotografi yang baik, tetapi juga sikap disiplin yang tinggi.

4. Aksesoris Lengkap

Ada beberapa orang yang ketika foto tak terlintas untuk membawa aksesori. Nah, kamu sebagai pemilik bisnis ini mulailah berpikir tentang itu. Misalnya saja kamu memiliki karyawan yang bisa merias agar klien tampak sempurna di depan kamera. Atau sediakan aksesori pelengkap, seperti topi, bangku, bantal, jas, dan sebagainya. Suatu saat pasti ada klien yang merasa terbantu berkat barang yang kamu sediakan.

5. Harga

Harga juga tak boleh kamu lupakan. Untuk menentukan harga tentu harus ada pemikiran dan perencanaan. Jika terlalu mahal mungkin kamu tak banyak mendapatkan pelanggan. Namun, jika terlalu murah kamu bisa dianggap tak memiliki kualitas dan kemampuan yang baik serta akan mendapatkan keuntungan yang kecil. Sebaiknya dalam menentukan harga ketahui dahulu bagaimana lokasi dan tingkat kemampuan masyarakat sekitar. Menentukan harga juga bisa dilihat dari segi pengalaman dan peralatan studio yang kamu gunakan.

6. Jejaring Sosial

Nah kini kamu sudah menentukan lokasi, harga, dan karyawan kini saatnya untuk melakukan promosi untuk lebih menarik minat pelanggan. Manfaatkan jejaring sosial dan adakan promosi melalui spanduk, brosur dengan tak lupa menyajikan informasi kontak dan lokasi yang menjadi tempat bisnismu.

__

Nah, kira-kira seperti itulah tips sebelum kamu membuka sebuah bisnis fotografi. Jangan lupa untuk terus menjaga hubungan baik dengan klien agar bisnismu tetap berjalan. Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray:


(Bima Satria) #3

Memulai bisnis fotografi membutuhkan berbagai keterampilan dan bakat agar bisnsi fotografi tersebut dapat berhasil. Jika Anda seorang fotografer, maka anda membutuhkan keterampilan dari sisi operasional bisnis dan sebaliknya jika Anda bukan seorang fotografer, anda membutuhkan seorang fotografer yang mampu menghasilkan karya-karya fotografi yang luar biasa.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis fotografi antara lain :

Peralatan yang Anda Butuhkan untuk Memulai Bisnis Fotografi

Kamera Bagus

Peralatan pertama yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis fotografi adalah kamera yang bagus. Ada banyak pilihan di luar sana untuk dipertimbangkan. Beberapa menghasilkan hasi yang lebih baik dalam situasi tertentu daripada yang lain, oleh karena itu anda harus melakukan penelittian terlebih dahulu terkait dengan kamera apa yang paling cocok untuk spesialisasi anda.

Tripod

Tripod merupakan bagian penting dari peralatan fotografi, karena dapat membantu Anda menjaga kamera tetap stabil dan memungkinkan Anda mengambil banyak gambar dari setiap subjek tanpa menggerakkan kamera.

Tas kamera

Saat Anda memindahkan kamera dari satu tempat ke tempat lain, Anda harus memastikannya bahwa kamera anda terlindungi. Jadi berinvestasilah untuk membeli tas kamera yang bagus yang dapat Anda gunakan untuk menjaga agar kamera Anda tidak rusak.

Lighting

Pencahayaan adalah elemen penting dari setiap foto yang bagus. Dan meskipun pencahayaan alami biasanya lebih disukai, Anda mungkin juga ingin berinvestasi di beberapa pencahayaan studio ketika tidak ada sinar matahari yang cukup.

Lensa

Ada banyak lensa berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan berbagai jenis foto. Jadi, merupakan ide bagus untuk berinvestasi dalam beberapa lensa berbeda untuk meningkatkan kualitas foto Anda.

Backdrops

Tergantung pada jenis foto apa yang Anda rencanakan untuk diambil, Anda mungkin merasa perlu membeli atau membuat beberapa latar belakang yang dapat Anda gunakan untuk foto studio.

Props

Ini juga bisa menjadi ide yang baik untuk memiliki berbagai Props yang berbeda. Jenis Props yang Anda pilih dapat bergantung pada niche Anda. Misalnya, jika Anda seorang fotografer pernikahan, Anda mungkin tidak akan menginginkan Props yang sama dengan yang digunakan fotografer hewan peliharaan. Tetapi memiliki beberapa pilihan berbeda bisa menjadi ide yang bagus.

Ruang Studio

Anda mungkin juga merasa perlu menyewa atau membeli ruang studio untuk bisnis fotografi Anda, terutama jika Anda berencana membuka studi foto.

Alat Transportasi yang andal

Anda mungkin lebih tertarik untuk memulai bisnis fotografi di mana Anda melakukan perjalanan ke klien anda, bukan klien yang datang ke tempat anda. Apanila hal itu yang terjadi, maka Anda memerlukan alat transportasi yang dapat diandalkan untuk mencapai lokasi pemotretan.

Smartphone dengan Kamera Bagus

Meskipun Anda tidak mungkin menggunakan ponsel cerdas atau perangkat seluler sebagai kamera utama untuk bisnis fotografi Anda, itu tetap bisa menjadi alat yang baik. Karena media sosial dapat menjadi alat yang hebat untuk berbagi foto dan cuplikan “behind the scens”.

Komputer dan Perangkat Lunak Editing

Setelah mengambil foto Anda, Anda juga memerlukan program perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengedit dan menyempurnakan gambar tersebut. Program seperti Photoshop dan Lightroom bisa menjadi investasi yang bagus untuk seorang fotografer. Apabila anda mempunyai dana yang cukup, belilah komputer yang mempunyai spesifikasi yang bagus untuk editing foto.

Channel Media Sosial

Anda juga harus mendaftar untuk beberapa akun media sosial seperti Facebook dan Instagram sehingga Anda dapat berbagi foto dan sekaligus melakukan promosi.

Nama domain

Situs web profesional juga dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk bisnis fotografi. Jadi beli nama domain yang sesuai dengan bisnis dan merek Anda.

Portofolio Online

Ini juga dapat bermanfaat untuk memamerkan karya fotografi Anda di situs web Anda secara online. Anda perlu membangun portofolio karya fotografi anda dari waktu ke waktu.

Kartu nama

Ketika Anda pergi berinteraksi dengan klien, kartu nama dapat menjadi cara yang bagus untuk memamerkan merek Anda dan memudahkan klien untuk berhubungan dengan anda.

Program Akuntansi

Anda juga perlu cara untuk mengelola dan memantau keuangan Anda. Anda dapat berinvestasi dalam program akuntansi profesional. Tetapi apabila dirasa belum perlu, anda dapat menggunakan program akuntansi yang gratis

Platform Pembayaran

Anda juga membutuhkan cara untuk mengelola pembayaran dari klien. Anda dapat mengatur sistem pembayaran online. Cara terbaik yang bisa dilakukan dengan mudah adalah bukalah rekening dengan menggunakan nama perusahaan, sehingga anda dapat membuka rekening bisnis di bank, bukan rekening pribadi.

Hard Drive Eksternal

Foto digital dapat memakan banyak ruang di komputer Anda. Jadi, merupakan ide yang bagus untuk berinvestasi dalam hard drive eksternal yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan semua file besar tersebut saat tidak digunakan.