Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemasangan implan gigi?

Pemasangan implan gigi dilakukan untuk mengatasi beberapa keluhan pada gigi, tetapi kita tidak bisa begitu saja memasang implan gigi. kita perlu memperhatikan banyak hal, apa saja itu?

Implan gigi dewasa ini banyak yang terbuat dari bahan titanium mudah menyatu dengan tulang. Sebelum melakukan prosedur implan gigi, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu beberapa proses pemasangan implan gigi.

Sebelum pemasangan implan gigi, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Konsultasikan kepada dokter Anda
    Anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai permasalahan yang Anda keluhkan. Jika dokter menyarankan pemasangan implan gigi, selanjutnya dokter akan mendiskusikan pilihan metode pembiusan sebelum tindakan dilakukan.
  • Melakukan Rontgen, CT scan, dan/atau panoramic film
    Hal ini penting dilakukan untuk menilai kualitas dan kuantitas rahang Anda. Barulah setelah itu dokter akan menentukan apakah implan gigi dapat dilakukan di lokasi yang Anda inginkan atau tidak.
  • Obat yang dikonsumsi
    Beri tahu dokter Anda obat apa yang selama ini Anda konsumsi secara rutin.
  • Riwayat kesehatan
    Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki kondisi jantung tertentu dan pernah menjalani implan ortopedi. Hal tersebut perlu Anda konsultasikan guna menghindari risiko infeksi pascaoperasi.

Pada proses implan gigi, pertama dokter akan menyuntikkan anestesi kepada pasien. Kemudian, dokter akan mencabut gigi. Setelah gigi dicabut, dokter akan melakukan proses pengeboran pada lokasi gusi yang akan dipasangi implan gigi. Barulah setelah itu pemasangan implan gigi dilakukan.