Apa saja yang perlu dilakukan dalam menentukan strategi untuk produk roadmap?

Peta jalan produk adalah ringkasan visual tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah penawaran produk dari waktu ke waktu. Peta jalan produk mengomunikasikan mengapa dan apa di balik apa yang dibangun.

Perencanaan Strategis Top-Down
Dengan menggunakan perencanaan strategis top-down, manajer produk dapat mengadakan diskusi produktif tentang inisiatif masa depan yang secara langsung terkait dengan visi dan tujuan produk. Diskusi dan perencanaan top-down ini memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan peta jalan produk produk yang akan menggerakkan perusahaan.

Dengan berbagi visi produk tingkat tinggi, bisa mendapatkan strategi dari tim eksekutif, pemasaran, dukungan, manajemen teknik, dan seluruh organisasi yang ada.

Beberapa tim eksekutif hanya peduli pada apakah peta jalan produk yang diusulkan telah sesuai dengan arah strategis perusahaan dan kapan inisiatifnya akan disampaikan untuk mendukung strategi tersebut. Manajer produk yang berhasil memanfaatkan hal ini dengan menjaga proses peta jalan produkping tingkat tinggi dan kolaboratif. Dari sana, mereka dapat memperoleh rencana rilis terperinci dan backlog.

Mengembangkan Strategi Produk
Peta jalan produk produk bukanlah dokumen yang ada tanpa terlebih dahulu dikembangkan strategi dan merencanakan apa yang perlu diselesaikan oleh peta jalan produk, mengapa, dan untuk siapa.

Sama pentingnya pada tahap perencanaan pra-peta jalan produk ini adalah mengembangkan strategi yang dapat artikulasikan dan dipertahankan dengan jelas. Ketika mengembangkan strategi yang pada akhirnya mengarah ke peta jalan produk produk, penting untuk mengidentifikasi dan mengartikulasikan visi dan prinsip produk, dengan pertanyaan “mengapa.”

Luangkan waktu sebelum mulai merencanakan peta jalan produk, untuk menentukan misi produk, dan kemudian saring menjadi pernyataan sederhana yang dapat dipahami oleh pemangku kepentingan. Ini termasuk visi produk, masalah yang diselesaikannya, target pelanggannya, dan nilainya ke pasar. Dengan mendokumentasikan ini dapat memaksa untuk mendapatkan banyak item kunci yang akan menginformasikan tentang peta jalan produk.

Tim Eksekutif perlu mengetahui (dan menyetujui) rencana yang telah ditentukan untuk pengembangan dan pembaruan produk, karena pada akhirnya mereka harus menandatangani rencana tersebut. Tim pengembangan perlu mengetahui apa yang telah direncanakan untuk produk, dan mengapa, karena mereka akan bertanggung jawab untuk membangunnya. Tim penjualan, layanan, dan pemasaran harus mengetahui apa dan mengapa demikian - sehingga mereka dapat mengartikulasikan strategi ke dalam pasar.

Pendekatan strategi-pertama ini memiliki beberapa manfaat:

• Lebih mudah untuk mengartikulasikan visi produk ke setiap konstituen di seluruh perusahaan, dan memastikan pemangku kepentingan berada di halaman yang sama sebelum memulai percakapan mendetail berikutnya.

• Dapat mempermudah melihat visi produk dengan jelas, dan memungkinkan proses peta jalan produk untuk mengidentifikasi prioritas dengan lebih jelas serta barang-barang yang harus dikesampingkan yang tidak melayani visi produk.

DEFINISIKAN TUJUAN PRODUK
Dari visi produk, dapat diperoleh tujuan produk yang pada gilirannya akan mempengaruhi inisiatif yang ada pada peta jalan produk. Mencapai sasaran produk adalah langkah yang dapat membantu menerjemahkan strategi produk ke dalam rencana yang dapat dijalankan.

Setiap sasaran produk organisasi akan berbeda. Dapat dikembangkan tujuan khusus produk, berorientasi perusahaan, atau lebih umum. Berikut beberapa contohnya:

• Competitive Differentiation
• Customer Delight
• Technical Improvements
• Sustain Product Features
• Improve Customer Satisfaction
• Increase Lifetime Value
• Upsell New Services
• Reduce Churn
• Expand Geographically
• Mobile Adoption

Tujuan ini bersifat umum, tetapi biasanya dapat diukur dan dikaitkan kembali ke metrik dan Indikator Kinerja Utama (KPI). Ini adalah jenis sasaran yang akan beresonansi dengan pemangku kepentingan. Tujuan sering merupakan inisiatif jangka panjang - misalnya, mereka mungkin berubah setiap tahun daripada setiap bulan.

Referensi:
Product Roadmaps: Your Guide To Planning & Selling Your Strategy