Apa saja yang perlu dilakukan dalam budidaya tanaman Kaktus?

kaktus

Kaktus merupakan tanaman hias yang sangat di gemari karena selain perawatannya sangat mudah juga dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, untuk memperoleh kualitas tanaman kaktus yang menarik dan indah di pandang mata serta mempunyai nilai ekonomi yang tinggi perlu teknik budidaya yang baik dan benar. Nah, kira-kira apasaja yang perlu dilakukan dalam budidaya tanaman kaktus ?

Dalam kegiatan budidaya kaktus perlu untuk memperhatikan atau mengetahui karakter tanaman tersebut (misal berasal dari daerah tropis) dan menyesuaikan perawatannya. Selain itu, sebaiknya pemilihan media tanam dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya agar dapat beradaptasi secara maksimal (misal potongan arang yang ditumbuk dan diberi kompos atau pasir, tanah humus atau forus, potongan pakis, dan sekam padi).

Penyiraman kaktus yang ditanam di luar ruangan maksimal 3 kali seminggu (air tidak sampai menggenang). Sedangkan untuk kaktus yang ditanam di dalam ruangan harus disiram sekali seminggu dan kaktus tersebut harus dijemur di bawah sinar matahari selama satu jam agar proses fotosintesis lancar.

Referensi

INSPIRASI BISNIS: Raup Untung dari Abadinya Budi Daya Kaktus : Okezone Economy

1 Like