Apa saja yang merupakan sifat-sifat dari Teori Ekonomi?

Ilmu ekonomi adalah studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya terbatas.

Sifat-sifat teori ekonomi adalah sebagai berikut.

  • Ekonomi Deskriptif . Merupakan analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan sebenarnya (sesuai fakta) dalam perekonomian. Mengetahui kenyataan dalam perekonomian belumlah cukup untuk mempelajari ilmu ekonomi. Yang terpenting adalah menyusun fakta-fakta yang ada secara sistematis dan membuat gambaran umum tentang kegiatan perekonomian beserta komponen-komponennya.
  • Ekonomi Terapan . Merupakan ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang timbul dalam perekonomian.
  • Teori Ekonomi . Teori ekonomi adalah pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang sebenarnya dalam kegiatan ekonomi dan ramalan peristiwa yang akan terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. Teori ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.

Referensi:
Sukirno, Sadono. 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.