Apa saja yang menjadi pilar dalam knowledge management system?

pilar dalam knowledge management system

Dalam Sebuah Framework yang dikemukakan oleh Stankosky, M. (2000), terdapat empat pilar utama dalam arsitektur Knowledge Management yang sangat mempengaruhi dalam keberhasilan penerapan Knowledge Management pada suatu organisasi.


Gambar Empat pilar Knowledge Management menurut Stankosky, M. (1999)

  1. Leadership
    Kepemimpinan mengembangkan strategi yang dibutuhkan untuk keberhasilan dalam sebuah lingkungan. Strategi ini untuk dapat menentukan visi dan harus dapat menyelaraskan Knowledge Management dengan strategi bisnis agar dapat mendorong nilai dari Knowledge Management ke seluruh organisasi.

  2. Organization
    Memperkenalkan Knowledge Management pada seluruh organisasi dimana dibutuhkan perubahan dalam organisasi, Knowledge Management dituntut untuk dapat menjadi katalis dalam budaya perusahaan dan harus terintegrasikan dengan proses bisnis organisasi.

  3. Technology
    Merupakan tools dalam Knowledge Management yang sangat penting untuk dapat menentukan dan mendefinisikan kemampuan IT agar sesuai dan sejalan dengan kebutuhan organisasi.

  4. Learning
    Pembelajaran dalam organisasi haruslah diarahkan kepada pendekatan seperti peningkatan komunikasi, menjalankan tim yang memiliki beberapa fungsi atau bidang, dan menciptakan komunitas belajar.