Apa saja yang menjadi penyebab kelinci mengalami stres?

Kelinci

Mengapa kelinci bisa mengalami stress ? Apa saja yang menjadi penyebab kelinci mengalami stres?

Beberapa penyebab kelinci stres ialah perubahan suhu yang mendadak berubah secara extrem, keadaan lingkungan yang tidak nyaman dikarenakan ada tetangga atau kita sendiri yang memelihara anjing, dimana anjing ini memang musuh bebuyutan kelinci, bahkan hal sepele pun dapat menyebabkan kelinci stres seperti contoh pindah dari kandang ke kandang lain.

Kelinci yang mengalami stres ini biasanya akan mengeluarkan suatu zat yang disebut catecholamine yang sebenarnya merupakan turunan dari asam amino. Apabila kelinci melepaskan zat itu dalam waktu hingga lebih dari 24 jam lebih maka kondisi kesehatan kelinci tersebut akan terganggu. Kinerja usus besarnya menjadi tidak normal sehingga kelinci pun akan mogok makan dan mendadak membuat kelinci menjadi kurus bahkan akan mengalami kematian.

Untuk mencegah kematian pada kelinci yang disebabkan karena stres ialah selalu mengecek keadaan kelinci,dan jika stres tetap terjadi maka segeralah lakukan pengobatan secara tepat. Dan selalu usahakan kandang dalam kondisi aman dari predatornya yang menjadi faktor utama kelinci stres.

Sumber: http://yantopedia.blogspot.co.id/2017/10/cara-mengatasi-kelinci-stres-agar-cepat.html