Apa saja yang menjadi hambatan dalam pengembangan tanaman hias?

Dalam bisnis tanaman hias atau pengembanagan tanaman hias masih banyak dijumpai beberapa hambatan. apa saja yang menjadi hambatan dalam hal tersebut ?

1 Like

Dalam agribisnis pengembangan tanaman hias masih banyak dijumpai beberapa kendala, diantaranya adalah :

  1. Kendala dalam pengembangan tanaman hias yang antara lain meliputi alokasi input yang rendah, baik kualitas maupun kuantitas, skala operasional yang terbatas, kurangnya jasa penelitian dan penyuluhan, ketersediaan lahan dan sarana budidaya, fluktuasi hasil.
  2. Selain itu kendala di bidang agribisnis adalah modal, teknologi pasca panen tanaman hias yang belum banyak sampai ke petani dan pengusaha.
  3. Kebutuhan produk tanaman hias banyak dipengaruhi oleh musim
  4. Distribusi dan pemasaran yang belum terlaksana dengan baik
  5. Peran Pemerintah perlu dioptimalkan, yang berupa : fasilitas untuk riset, memberikan subsidi, kemudahan permodalan, informasi pasar agribisnis tanaman hias.
  6. Dengan adanya globalisasi yang tidak mungkin dihindari, makin lama produk pertanian khususnya produk hortikultura yang masuk ke Indonesia akan semakin beragam jenisnya dan volumenya akan semakin banyak. Menghadapi realitas ini mau tidak mau produk tanaman hias Indonesia harus mampu bersaing dengan produk tanaman hias dari negara lain.
  7. Volume import setiap tahunnya juga terus meningkat.
Referensi

Widyastuti, Titiek. 2018. Teknologi Budidaya Tanaman Hias Agribisnis. Yogyakarta : CV Mine

Salah satu tantangan dalam pengembangan tanaman hias yaitu perubahan iklim global yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman sehingga memerlukan pengembangan varietas-varietas baru yang lebih adaptif. Sebenarnya, sudah banyak instansi-instansi yang melakukan penelitian dalam berbagai aspek budidaya tanaman yang bersangkutan, tetapi seringkali hasil-hasil penelitian tersebut tidak sampai ke para petani atau produsen tanaman hias, sehingga hal tersebut tidak diaplikasikan.

Referensi

Mattjik, Nurhajati Ansori. (2011). MEMBANGUN USAHA TANAMAN HIAS
DAN BUNGA POTONG DENGAN
MENGAPLIKASIKAN
BIOTEKNOLOGI KHUSUSNYA KULTUR
JARINGAN. Bogor: Institut Pertanian Bogor

1 Like

Hambatan lain dalam pengembangan usaha tanaman hias yaitu masalah pada faktor budidaya, misalnya pemeliharaan yang intens dan berkelanjutan dimana terdapat tanaman-tanaman tertentu yang memerlukan perawatan rutin dan berkelanjutan (seperti: anggrek). Jika sedikit saja mengabaikan pemeliharaannya maka tanaman tidak akan berbunga bahkan bisa mati. Selain masalah tersebut, juga terdapat permasalahan pemangkasan yang harus dilakukan secara rutin. Tanaman-tanaman seperti bonsai dan topiari akan hilang keindahannya jika pemangkasannya terlambat, sehingga pada tanaman ini pemangkasan tidak boleh dihentikan ataupun terlambat.

Referensi:
Astiningsih, A.A.M. 2017. Masalah dan Solusi dalam Pemilihan Tanaman Hias. Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

1 Like