Apa saja yang harus diperhatikan untuk memulai bisnia sewa venue?

Sewa Venue

Venue adalah ruang gedung yang digunakan untuk berbagai kegiatan, misalnya pernikahan, konser musik dan lain sebagainya. Apa saja yang harus diperhatikan untuk memulai bisnia sewa venue ?

Salah satu bisnis yang sangat menggiurkan adalah bisnis properti, bisnis properti adalah bisnis yang bergerak di bidang kepemilikan harta yang berbentuk tanah (real property) dan bangunan beserta sarana dan prasarana sebagai pelengkap.
Kenapa kita bahas bisnis properti ?


Karena sewa venue salah satu dari bentuk bisnis property contohnya villa, kost, virtual office, apartment, wedding venue dan lain lain. Bisnis property juga tidak mudah untuk kita kembangkan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk mendapatkan harga yang bagus yang dapat menarik minat para penyewa venue kita.
Jika kalian memiliki venue atau lokasi yang sangat bagus untuk disewakan daripada tempat tersebut tak terpakai mungkin tips berbisnis sewa venue ini sangat berguna bagi kalian yang lagi mau mulai berbisnis di bidang properti ini.

  1. Siapkan diri


    Maksud dari point nomer 1 adalah kita harus siapkan diri kita dalam perencanaan finansial yang baik dengan ide ide kreatif untuk memberikan efek yang berbeda daripada sewa venue yang lain dan rasa tanggung jawab sangatlah penting dalam melaksanakan segala hal. Karena dalam hal sewa kita tetap sebagai penanggung jawab penuh terhadap bisnis kita, jadi kita harus memiliki jiwa pemimpin.

  2. Target Pasar


    Membuat target pasar memudahkan kita menawarkan bisnis kita ke pasar yang tepat, agar tidak terjadi salah dalam memasarkan jasa kita.

  3. Cek Kompetitor


    Fungsi kita mengecek kompetitor adalah untuk melihat seberapa besar peluang kita diusaha ini dan berapa banyak pesaing kita didalam bidang bisnis ini dan juga sebagai perbandingan antara tempat kompetitor dan tempat kita untuk memberikan nilai lebih jika menyewa di tempat kita (referensi).

  4. Management yang baik
    Maksudnya kita harus mempertimbangkan antara pemasukan dari hasil sewa dan pengeluaran disesuaikan dimana kita harus me manage agar kita tetap untung, oleh karena itu kita harus detail dalam mengelola semua hal yang terkait dengan bisnis kita tanpa terkecuali.

  5. Keunggulan


    Kita harus bisa memberikan keunggulan atau nilai plus dari bisnis kita sehingga ada perbedaan dengan sewa venue lainnya. Dari segi sarana dan prasarana, pelayanan dan hal lainnya.

  6. Tambah Koneksi (Relasi atau Hubungan)


    Maksudnya kita tambah koneksi atau relasi kita dengan hal yang berhubungan dengan bisnis kita contohnya sewa venue pasti butuh catering atau sound system bisa juga photo studio, pihak keamanan, tenda dan masih banyak lagi hal yang terkait dengan sewa venue, untung untung kita punya semua jadi pasti lebih banyak keuntungan yang kita dapat.

  7. Medsos


    Kita harus aktif di media sosial untuk mempromosikan unit bisnis kita, dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat tak dipungkiri media sosial adalah salah satu tempat promosi terbaik. Selain sebagai tempat promosi media sosial adalah tempat kita untuk nge branding usaha kita, usahakan kita punya team ahli disana.

Semoga 7 tips diatas bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda untuk memulai bisnis anda di bidang sewa venue, salam dari kami sewa venue jember