Apa saja yang harus diperhatikan untuk memulai bisnia sewa venue ?

bisnis_properti

(Denta Kalla Nayyira) #1

Sewa Venue

Venue adalah ruang gedung yang digunakan untuk berbagai kegiatan, misalnya pernikahan, konser musik dan lain sebagainya. Apa saja yang harus diperhatikan untuk memulai bisnia sewa venue ?


(Aincrad Mode) #2

Salah satu bisnis yang sangat menggiurkan adalah bisnis properti, bisnis properti adalah bisnis yang bergerak di bidang kepemilikan harta yang berbentuk tanah (real property) dan bangunan beserta sarana dan prasarana sebagai pelengkap.
Kenapa kita bahas bisnis properti ?


Karena sewa venue salah satu dari bentuk bisnis property contohnya villa, kost, virtual office, apartment, wedding venue dan lain lain. Bisnis property juga tidak mudah untuk kita kembangkan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk mendapatkan harga yang bagus yang dapat menarik minat para penyewa venue kita.
Jika kalian memiliki venue atau lokasi yang sangat bagus untuk disewakan daripada tempat tersebut tak terpakai mungkin tips berbisnis sewa venue ini sangat berguna bagi kalian yang lagi mau mulai berbisnis di bidang properti ini.

  1. Siapkan diri


    Maksud dari point nomer 1 adalah kita harus siapkan diri kita dalam perencanaan finansial yang baik dengan ide ide kreatif untuk memberikan efek yang berbeda daripada sewa venue yang lain dan rasa tanggung jawab sangatlah penting dalam melaksanakan segala hal. Karena dalam hal sewa kita tetap sebagai penanggung jawab penuh terhadap bisnis kita, jadi kita harus memiliki jiwa pemimpin.

  2. Target Pasar


    Membuat target pasar memudahkan kita menawarkan bisnis kita ke pasar yang tepat, agar tidak terjadi salah dalam memasarkan jasa kita.

  3. Cek Kompetitor


    Fungsi kita mengecek kompetitor adalah untuk melihat seberapa besar peluang kita diusaha ini dan berapa banyak pesaing kita didalam bidang bisnis ini dan juga sebagai perbandingan antara tempat kompetitor dan tempat kita untuk memberikan nilai lebih jika menyewa di tempat kita (referensi).

  4. Management yang baik
    Maksudnya kita harus mempertimbangkan antara pemasukan dari hasil sewa dan pengeluaran disesuaikan dimana kita harus me manage agar kita tetap untung, oleh karena itu kita harus detail dalam mengelola semua hal yang terkait dengan bisnis kita tanpa terkecuali.

  5. Keunggulan


    Kita harus bisa memberikan keunggulan atau nilai plus dari bisnis kita sehingga ada perbedaan dengan sewa venue lainnya. Dari segi sarana dan prasarana, pelayanan dan hal lainnya.

  6. Tambah Koneksi (Relasi atau Hubungan)


    Maksudnya kita tambah koneksi atau relasi kita dengan hal yang berhubungan dengan bisnis kita contohnya sewa venue pasti butuh catering atau sound system bisa juga photo studio, pihak keamanan, tenda dan masih banyak lagi hal yang terkait dengan sewa venue, untung untung kita punya semua jadi pasti lebih banyak keuntungan yang kita dapat.

  7. Medsos


    Kita harus aktif di media sosial untuk mempromosikan unit bisnis kita, dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat tak dipungkiri media sosial adalah salah satu tempat promosi terbaik. Selain sebagai tempat promosi media sosial adalah tempat kita untuk nge branding usaha kita, usahakan kita punya team ahli disana.

Semoga 7 tips diatas bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda untuk memulai bisnis anda di bidang sewa venue, salam dari kami sewa venue jember


(Kasih Solusindo Media) #3

Melihat peluang bisnis di bidang usaha sewa tempat atau Sewa Venue lebih mudah di banding dengan usaha berdagang atau yang lain. Karena kita hanya menyiapkan lahan atau gedung yang memuat minimal 500 – 600 orang sebagai salah satu peluang usaha jasa ini.

> Mengapa pengusaha lebih memilih usaha ini?

Karena usaha Sewa Venue lebih banyak diminati oleh konsumen untuk menyelenggarakan suatu acara-acara besar baik perrnikahan, wisuda, ulang tahun, seminar, dll. Disamping luas, venue juga menyediakan harga yang yang terjangkau, letak strategis.

Fasilitas lengkap yaitu Fasilitas gedung yang seharusnya tercukupi karena setiap pemesan gedung untuk acara sudah pasti cenderung bukan hanya menggunakan gedung sebagai ruangan saja, namun banyak hal yang dibutuhkan. Fasilitas ini yang bisa dipadukan dengan ruangan untuk menjadikan paket harga sewa ataupun terpisah.

Fasilitas yang cenderung bisaa dipakai adalah sound system, meja kursi, ruangan, lahan parkir. Selain itu, usaha Sewa Venue yang harus di utamakan yaitu, desain gedung yang fleksibel untuk berbagai macam acara yang akan di selenggarakan.

> Bagaimana cara mengelola gedung venue?

Definisi gedung sendiri terdiri dari tanah bangunan dan infrastruktur dan peralatan lainnya tentunya dengan modal yang tidak sedikit.

Untuk membangun gedung yang besar atau gedung yang kecil seperti gedung – gedung mewah, pengusaha pasti akan membutuhkan investor untuk melakukan perhitungan kelayakan lebih detail dari berbagai macam aspek, yaitu aspek legalitas, aspek keuangan, aspek pemasaran, aspek distribusi dan produksi layanan yang nantinya akan di kumulatifkan menjadi keputusan untuk membangun sebuah gedung dengan estimasi apakah gedung akan menguntungkan atau tidak.

Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam berbisnis Sewa Venue yaitu :

  • Yang pertama untuk memulai bisnis ini yaitu melihat seberapa banyak pesaing yang sudah mempunyai bisnis ini. Terutama di lokasi yang strategis tempat usaha yang akan kita sewakan. Agar kita lebih mudah untuk memberi penilaian pada tempat yang akan kita sewakan kepada konsumen.

  • Mencari informasi tentang fasilitas, layanan, harga dll yang di tawarkan pemilik lahan atau gedung kepada konsumen dengan cara seolah olah kita akan meyewa tempat itu. Berpenampilan layaknya konsumen yang ingin mencari tempat untuk acara seminar atau acara yang lain.

  • Mencari lahan atau lokasi yang strategis, mudah di jangkau dan berpotensial agar konsumen tidak berfikir dua kali untuk menyewa venue kita.

> Nah bagaimana sudah tertarik untuk berbisnis Sewa Venue?

Semoga artikel tentang Sewa Venue di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.
Terimakasih