Apa saja yang harus diperhatikan setelah memutihkan gigi ?

memutihkan gigi

Tindakan memutihkan gigi atau dental bleaching bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, walaupun efeknya tidak dapat bertahan selamanya. Apa saja yang harus diperhatikan setelah memutihkan gigi ?

Warna gigi pada setiap orang berbeda-beda, ada yang warna alaminya putih kekuningan, namun ada juga yang putih seluruhnya.

Seiring bertambahnya usia, pola makan, kebiasaan yang dilakukan, penyakit dan konsumsi obat-obatan maka perubahan warna gigi bisa terjadi. Gigi yang tadinya berwarna putih seluruhnya dapat berubah menjadi kuning, kuning kecokelatan, bahkan berwarna kehitaman.

Agar ketahanan dari hasil pemutihan gigi ini bertahan lebih lama, perhatikan 3 hal berikut ini :

  • Berhentilah merokok. Seperti kita sudah ketahui bersama bahwa merokok dapat merubah warna gigi karena rokok akan meninggalkan noda di gigi. Dengan menghindari rokok maka Anda turut menjaga kebersihan gigi serta kesehatan rongga mulut Anda.
  • Hindari makanan dan minuman yang bisa meninggalkan noda atau stain pada gigi. Jenis makanan dan minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi, misalnya teh, kopi, anggur/wine dan jenis lainnya.
  • Gunakan sedotan saat minum agar dapat menghindari gigi untuk berkontak dengan minuman yang Anda minum. Pasalnya, minuman yang Anda minum berkemungkinan untuk meninggalkan noda di gigi.

Memutihkan gigi dapat dilakukan secara berulang. Hal ini tentu saja harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda. Namun, jika gigi adalah jenis gigi sensitif maka sebaiknya Anda tidak melakukan pemutihan gigi, apalagi melakukannya sendiri. Memang gigi putih itu terlihat lebih baik, namun yang lebih penting dari gigi putih adalah gigi yang sehat dan kuat. Jadi, jagalah kesehatan gigi Anda terlebih dahulu sebelum Anda berpikiran untuk memutihkan gigi Anda.

http://familydentalcosmetic.com/hal-ini-yang-harus-kamu-perhatikan-setelah-memutihkan-gigi

Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman yang Berwarna
Layaknya baju putih yang mudah luntur jika tercampur dengan pakaian berwarna, gigi yang putih setelah bleaching juga memudar kecerahannya jika kita tidak menjaga asupan yang masuk ke dalam mulut. Contoh makanan dan minuman yang dapat memudarkan warna putih bersih pada gigi adalah anggur merah, teh, kopi, cokelat, kecap, blueberry, dan minuman bersoda. Asupan-asupan tersebut memiliki kecenderungan bisa menimbulkan noda pada gigi.

Makanan dan Minuman yang Baik untuk Gigi
Sangat disarankan buat Moms untuk mengonsumsi buah dan sayur, seperti buncis, apel, kembang kol, seledri, dan wortel. Konsumsi produk buah dan sayur akan membantu membersihkan gigi saat memakannya. Selain itu aliran air liur akan meningkat, sehingga dapat menetralkan asam dan melindungi gigi Moms.

Disiplin Menyikat Gigi
Biasanya orang-orang menyikat gigi sebanyak 2x sehari, setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Namun ketika Moms melakukan treatment bleaching, ada baiknya jika setiap kali Moms selesai makan, segeralah menyikat gigi Anda. Sisa makanan yang mengendap terlalu lama di gigi bisa memberikan efek yang buruk terhadap gigi putih Anda. Jadi disarankan untuk disiplin menyikat gigi, supaya putih yang mendukung penampilan Moms tetap terjaga.

Keep the white and smile bright!