Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli kosmetik?

kosmetik

Telah banyak beredar produk-produk kecantikan dengan harga yang sangat terjangkau dan banyak testimoni atas produk dari pelanggan mereka. Tentunya testimoni ini berisikan komentar bagus atas produk yang laris dipasaran. lalu Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli kosmetik?

Kosmetik menjadi penunjang penampilan seorang wanita saat ini. Bahkan beberapa wanita tak ragu untuk merogoh kocek yang dalam demi membeli rangkaian kosmetik favoritnya. Sebagian lagi justru lebih memilih kosmetik yang umum serta murah. Tapi jangan asal beli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli kosmetik.

Menurut dr. Nenden SpKK, kosmetik digunakan sebagai pelengkap gaya untuk membuat penampilan seseorang terlihat lebih menarik. Lipstik, bedak, deodoran, sabun pencuci wajah, parfum, hingga odol termasuk jenis kosmetik. Oleh sebab itu, ia memperingatkan agar tidak asal beli hanya karena tawaran teman, karena kosmetik sangat berpengaruh terhadap kulit serta tubuh Anda ke depannya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Kenali Diri Sendiri
Sebelum membeli, Nenden menyarankan untuk mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Kenali jenis kulit Anda agar tahu mana kosmetik yang cocok dan tidak. Dengan mengenali diri sendiri, Anda juga akan lebih mengerti frekuensi pemakaian produk yang sesuai dan tidak berlebihan.

2. Kandungannya
Ini sangat penting diperhatikan setiap wanita. Pastikan Anda mengenali jenis kandungan di dalamnya. Jangan malas membaca atau mencari informasi mengenai bahan-bahan berbahaya yang biasa terdapat di dalam produk kecantikan. Kandungan yang berbahaya bisa menyebabkan penyakit.

3. Tidak Mengandung Merkuri
Nenden menegaskan, jangan menggunakan kosmetik yang mengandung merkuri walaupun kadarnya tidak banyak. Merkuri menjadi zat yang bisa membahayakan tubuh pemakainya bila digunakan dalam jangka waktu lama. Beberapa produk kecantikan tidak mencantumkan kandungan merkuri di dalamnya. Maka dari itu, Anda yang harus mengetahui jenisnya.

Untuk mengetahui apakah kosmetik yang akan digunakan menggunakan merkuri atau tidak, lihat teksturnya. Nenden mengatakan produk yang mengandung merkuri bersifat lengket di tangan dan mengkilap. Coba lihat tepat di bawah lampu seperti ada bling-bling mutiara di dalamnya. Nenden memperingati, merkuri bisa menyebabkan gangguan otak, ginjal, hingga kanker kulit.

4. Hati-hati Saat Beli Produk Kecantikan dari Luar Negeri
Harga tidak membohongi kualitas, mungkin ini bisa dibenarkan. Namun tetap perlu diperhatikan kandungan bahan di dalamnya. Meskipun Anda membeli produk luar negeri dan harganya terbilang mahal belum tentu kosmetik tersebut cocok dengan kulit Anda. produk dari luar negeri terutama negara bagian barat yang memiliki iklam berbeda dengan Indonesia mengandung bahan-bahan yang kadarnya terkadang tidak cocok dengan kulit wanita Asia. Menurut Nenden, kulit orang Eropa cenderung lebih kering sehingga mereka butuh produk yang banyak mengandung oil untuk melembabkan. Berbeda dengan kulit Indonesia yang lebih lembab.

Selain itu, ada kandungan lain yang juga perlu dilihat adalah Paba. Nenden mengatakan kandungan Paba kurang cocok untuk kulit wanita Indonesia yang didominasi dengan warna kecokelatan.

5. Beli di Tempat yang Resmi
Agar terhindari dari kosmetik berbahaya, Nenden menyarankan untuk membelinya di tempat yang resmi. Pilih kosmetik yang sudah teregisterasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Hati-hati ketika membeli produk kecantikan yang dijual dari rumah ke rumah atau melalui teman.