Apa saja yang harus diperhatikan saat mengidentifikasi risiko?

manajemen_risiko

(EleonoraAudrey) #1

ID-100206731

Dalam mengidentifikasi risiko ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Fungsinya agar kita mengetahui persis sumber risiko, area dampak, kejadian (termasuk perubahan keadaan) dan penyebabnya dan juga konsekuensi yang mungkin didapat.
Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan tersebut?


(Tistya Putri Karima) #2

image

Identifikasi risiko adalah mengenali jenis-jenis risiko yang mungkin (dan umumnya) dihadapi oleh setiap pelaku bisnis. Langkah ini meliputi pendefinisian risiko mana yang mungkin mempengaruhi proyek dan mendokumentasikan karakterisitik dari setiap risiko. Hasil utama dari proses ini adalah risk register. Identifikasi bisa dilakukan dengan melihat asal dan problemnya. Dalam mengidentifikasi risiko ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini :

  1. Apa yang akan terjadi : Apa kesalahan yang mungkin muncul, apa hambatan yang mungkin dihadapi dalam mencapai tujuan?.

  2. Bagaimana hal tersebut terjadi : Apakah risiko tersebut bisa muncul/terjadi kembali? Jika iya, apa penyebabnya?

  3. Dimana hal tersebut akan terjadi : Apakah risiko tersebut terjadi di mana saja atau hanya di lingkungan-lingkungan tertentu? Apakah risiko tersebut bergantung pada lokasi, area atau aktivitas tertentu?

  4. Mengapa bisa terjadi : Faktor apa yang menyebabkan risiko tersebut, serta memahami mengapa risiko tersebut bisa berulang dan bagaimana mengaturnya.

  5. Apa dampak risiko tersebut : Jika risiko akan segera berakhir, apa dampak atau konsekuensinya. Lalu apakah dampak tersebut akan mempengaruhi keseluruhan project, dll.

  6. Siapa yang akan terlibat dalam project ini : Seberapa besar kontrol project manager dalam hal ini.

Referensi :
Risk Management Handbook
Manajemen Risiko Proyek