Apa saja yang harus diperhatikan oleh manajer produk dalam menilai peluang / kesempatan sebelum meluncurkan produknya?

7

Salah satu tugas dari manajer produk yaitu untuk mengidentifikasikan dan menilai peluang atau kesempatan pasar, guna untuk mengevaluasi ide-ide produk mana yang pantas untuk diluncurkan dan mana yang tidak. Lalu menurut pendapat anda, apa saja yang harus diperhatikan oleh manajer produk dalam menilai peluang/kesempatan sebelum produknya diluncurkan?

Menanggapi pertanyaan tersebut, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan manajer produk dalam menilai peluang/kesempatan:

  1. Pertama-tama anda harus mengetahui secara persis siapa saja pesaing anda, agar anda dapat menyesuaikan kondisi mutu, kualitas, harga produk, serta cara-cara pelayanannya dengan target pasar, sehingga produk anda mampu bersaing di pasaran.

  2. Memperhatikan daya tarik masyarakat saat ini, baik secara ekonomi dan manfaat terhadap produk agar anda dapat meraup keuntungan yang sebesar-besarnya pada setiap lapis pasar.

  3. Melakukan penelitian pasar, karena dari situlah anda bisa mendapatkan ide dan keluhan pasar. Selain itu, kita juga dapat mengetahui produk kita tersebut bisa terjual di pasar mana saja untuk menjadi dasar dalam menentukan pasar yang semacam itu di kota lain, pulai lain, atau bahkan untuk ekspor ke negara lain.

  4. Memilih waktu yang tepat untuk memasuki pasar. Perhatikan perubahan lingkungan internal bisnis anda dan lingkungan pemasaran anda. Tentukan kapan waktu yang tepat untuk produk anda mulai siap dalam persaingan.

  5. Menciptakan sesuatu yang baru dari produk atau jasa anda sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pasar. Produk dengan inovasi baru yang mampu mempermudah pasar dalam memenuhi kebutuhannya akan sangat diminati. Selain itu, menambahkan value pada produk yang sudah ada dan menambahkan layanan atau menggabungkan produk dengan produk lainnya.

Referensi:
Cara Melihat , Membaca dan Memanfaatkan peluang pasar | sabrina novianti.
Beberapa Cara Agar Produk Baru Anda Mampu Bersaing. | Wirausaha Muda.