Apa saja yang harus diperhatikan ketika memelihara Kuda Laut di Akuarium ?

kuda laut

Dinamakan kuda laut karena tubuh ikan ini sangat mirip dengan kuda, terutama pada bagian mukanya. Kuda laut termasuk anggota dari suku Syngnathidae. Ada sekitar 32 spesies kuda laut yang tersebar di paerairan tropis seluruh dunia, mulai dari yang berukuran 3 cm hingga 30 cm. Apa saja yang harus diperhatikan ketika memelihara Kuda Laut di Akuarium ?

tips-tips perawatannya :

  • Sesuaikan Terlebih Dahulu

Sama seperti ikan mas koki, sebelum Anda memasukkan kuda laut ke dalam akuarium, pastikan untuk menyesuaikannya terlebih dahulu. Caranya letakkan kantong plastik yang telah berisi kuda laut ini ke akuarium. Rendam selama 15-30 menit. Setelah dirasakan temperatur akuarium dan plastik sama, Anda bisa segera merilis kuda laut ini.

  • Jangan Pelihara Dua Jantan Sekaligus

Kuda laut memiliki perangai yang sangat menjaga wilayah kekuasaannya. Jika Anda memasukkan lebih dari satu pejantan ke dalam akuarium, besar kemungkinan mereka akan bertarung. Untuk membedakan jenis kelamin kuda laut, Anda bisa memperhatikan bagian bawah dan depan perutnya. Kuda laut jantan mempunyai kantong anak, sebaliknya si betina justru tidak.

  • Makanan yang Dianjurkan

Untuk makanan kuda laut yang paling bagus yaitu artemia atau mysid shrimp. Meskipun mulut binatang ini berukuran kecil, namun kekuatan sedotan yang dimilikinya sangat kencang. Pilihan pakan lainnya bisa juga diberikan udang rebon sehingga kuda laut bisa lebih aktif memburu mangsanya.

  • Pelihara di Akuarium Khusus

Sebaiknya kuda laut dipelihara di akuarium khusus mengingat kebiasaan makannya sangat pelan. Jangan pernah mencampurnya dengan ikan hias yang lain karena dikhawatirkan kuda laut tidak kebagian jatah pakannya. Tetapi bila Anda tetap memaksa menggabungkannya dengan ikan lain, pilih ikan yang gaya makannya mirip dengan kuda laut. Contohnya tangkur mas, tangkur buaya, tangkur mb, tangkur pasir, tangkur kerdil, ikan terompet, ikan piso-piso, ikan goby, ikan mandarin, dan ikan keling.

  • Jangan Berikan Arus

Di habitat aslinya, kuda laut tinggal di lingkungan perairan yang tenang. Ia biasanya mengikatkan ekornya ke tanaman air karena memang gaya berenang yang dikuasainya sangat buruk. Jadi kalau Anda ingin memelihara ikan ini, jangan pernah memberikan arus air yang kuat di dalam akuarium atau kuda laut tersebut akan stres dan mati.

Sumber