Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat strategi harga bauran sebuah produk?

Harga selalu dikaitkan dengan nilai jual atau beli suatu produk barang atau jasa sekaligus sebagai variabel yang menentukan komparasi produk atau barang sejenis.

Strategi harga bauran sebuah produk merupakan salah satu strategi yang sedikit ruimt untuk dilakukan, karena masing masing memiliki permintaan dan biaya yan gsaling berkaitan. Selain itu masing-masing produk memiliki tingkat persaingan yang berbeda beda dalam strategi

Kotler dan Armstrong, membedakannya dalam empat situasi harga yaitu:

  • Harga garis produk
    Biasanya perusahaan tidak hanya memproduksi satu macam barang atau produk saja, tetpai perusahaan menghasilkan banyak produk yang dihasilkan dalam suatu garis (product Line). Oleh karena itu harga yang diterapkan berbeda untuk tiap produk, agar mudah dikenal oleha para konsumen

  • Harga produk Pilihan
    Pada startegi ini perusahaan menetapkan harga produk pilihan atau hambatan yang dijual bersama dengan produk utama. Perusahaan menjual produk pelengkap dari barang utama, sehingga konsumen dapat langsung memilih produk yang diinginkan.

  • Harga Paket Produk
    Penetapan harga paket produk merupakan penetapan harga yang dijual bersama-sama dengan barang utama untuk meningkatkan minat konsumen. Biasanya dijual lebih murah dibandingkan dibeli terpisah.

  • Harga produk sampingan
    Penetapan harga ini lebih memfokuskan perusahaan untuk tidak hanya mengeluarkan produk utama saja tetapi juga produk maupun jasa sampingan.

  • Harga Produk terikat
    Penetapan harga untuk produk yang harus dipergunakan bersama dengan produk utama, seperti pisau silet untuk alat pencukur dan film untuk kamera.