Apa saja yang harus diperhatikan dalam Komunikasi Non Verbal?

Komunikasi nonverbal

Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi di mana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Contoh komunikasi nonverbal ialah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam komunikasi non verbal ?

The most important thing in communication is hearing what isn’t said.” – Peter F. Drucker

Apakah ekspresi wajah Anda berkomunikasi secara baik? Tunjukkan empati anda melalu ekspresi wajah anda. Apakah wajah anda menggambarkan kebahagiaan, ketakutan, kesedihan, kejutan, atau kebosanan, sangat tergantung dengan apa yang sedang dibicarakan oleh lawan bicara anda. Jangan pernah gunakan “poker face” anda ketika anda sedang berkomunikasi.

Sadarilah postur tubuh Anda pastikan bahwa posisi tubuh Anda menunjukkan bahwa anda tertarik dengan lawan bicara anda.

Berikut adalah ahal-hal yang sangat diperhatikan oleh lawan bicara anda ketika anda berkomunikasi dengannya :

  • Kontak mata, mata adalah alat untuk kita menerima pesan-pesan visual sehingga kita cenderung menggunakan mata sebagai alat untuk mengumpulkan informasi daripada sebagai alat pengirim informasi.

  • Raut Wajah, merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.

  • Nada suara, Tinggi rendah suara, rintihan, tarikan nafas, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi non verbal lainnya sampai desis atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas.

  • Postur dan Sikap, cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.

"60% dari semua komunikasi manusia adalah bahasa tubuh nonverbal; 30% adalah nada Anda, jadi itu berarti 90% dari apa yang Anda katakan tidak keluar dari mulut Anda. “- Alex” Hitch "Hitchens