Apa saja yang harus diperhatikan dalam analisis risiko kualitatif ?

          Setelah mencari-cari beberapa sumber terkait dengan apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan analisis risiko kualitatif,saya sering menemukan beberapa kutipan terkait dengan hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan analisis tersebut

Apa saja hal-hal yang menjadi kunci keberhasilan analisis risiko kualitatif ?

         Pengertian Analisis kualitatif menurut Santosa (2009) adalah proses menilai impact dan kemungkinan dari risiko yang sudah diidentifikasi. Disini risiko disusun berdasarkan efeknya terhadap tujuan proyek. Analisis ini digunakan untuk menentukan risiko-risiko tertentu dan respon yang harus diberikan untuk mengurangi terjadinya risiko.

          Menurut Santosa (2009), hal-hal yang perlu diperhatikan dalam analisis ini yaitu :

  1. Risk Management Plan
    Dengan memperhatikan dokumentasi-dokumentasi yang telah dibuat sebelumnya,terkait dengan perencanaan menghadapi risiko,kita dapat mengambil beberapa analisa dampak dan kekurangan apa saja yang terlewat dari segi kualitatif

  2. Risiko Yang Teridentifikasi
    Tentu ini menjadi salah satu yang harus diperhatikan,karena dengan mengidentifikasi risiko sebanyak mungkin membuat kita dapat menilai sebuah status risiko dari segi prespektif dampak kualitatif yang mungkin akan di timbulkan.

  3. Status Proyek
    Dengan memperhatikan status proyek yang sedang berlangsung,kita dapat secara langsung mendapatkan informasi-informasi terkait risiko yang mungkin akan di hadapi pada setiap Work Breakdown Structure(WBS) proyek tersebut.

  4. Tipe Proyek
    Mengenal lebih dalam tipe proyek apa yang sedang dikerjakan,sehinga dengan kaca mata analisis kualitatif kita dapat menemukan dan memberikan cara atau output analisis risiko yang sesuai dengan kebutuhan proyek.

  5. Data
    Dengan data yang baik dan reilabilty,tentu membuat proses analisis akan semakin lebih baik.

  6. Skala Probabilitas dan Impact
    Mungkin analisis kuantitatif juga akan memberikan perhatian yang sama pada bagian ini,namun dengan analisis kualitatif kita dapat menemukan beberapa penilaian risiko tidak dari segi angka namun aspek lain secara kualitatif.

     Mungkin itu beberapa hal yang dapat saya serap dari sumber yang telah saya kaji sebelumnya,Semoga membantu.

Referensi :
Analisis risiko kualitatif