Apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang java developer yang baik, tekun dan banyak dicari oleh perusahaan besar?

Bva-Auctions.com

Java development merupakan sebuah pekerjaan yang bekerja pada bidang pengembangan program java. Java sendiri merupakan bahasa pemograman yang paling diminati oleh banyak orang. Karena mudah untuk dipahami dan juga dipelajari. Tidak hanya itu seorang java development juga membantu dalam sebuah pengembangan software dan juga sebuah sistem. Saya tertarik dengan pekerjaan java development karena saya suka menggunakan apliksi java dalam membuat tugas pemrograman java. Selain itu saya juga suka dalam melakukan pemrograman.

Bahasa pemrograman java memang cukup sulit namun jika kita mempelajarinya dengan tekun maka apapun menjadi umngkin tidak terkecuali mempelajari bahasa pemrograman java.Gaji seorang programer juga tidaklah sedikit. Jika seorang programer menjual satu aplikasi dengan harga Rp600.000,00 hingga Rp800.000,00 maka jika terjual 10 copy saja seorang programer sudah membawa uang sebanyak hampir Rp 8.000.000,00 dan bagaimana jika apliasi tersebut dapat terjual hingga jutaan copy maka bisa dihitung berapa penghasilan seorang programer.

Sudah banyak sekali aplikasi yang telah dibuat melalui program java, namun banyak juga diantara mereka yang tidak mengembangkan kembali aplikasi mereka. Pada situsi seperti inilah saya tertantang untuk membantu dan mengembangkan sebuah aplikasi yang telah dibuat dengan java. Beberapa orang hanya mempelajari dasar-dasar dari pemrograman java namun banyak dari mereka yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya denganjava mereka dapat mengembangkan aplikasi buatan mereka menjadi lebih bagus dan memiliki kinerja yang baik.

Terdapat beberapa syarat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang java developer atau seorang programmer,yaitu

  1. Logika Imajinasi
    Seorang programmer harus memiliki kemampuan untuk memecahakn suatu masalah tidak saja dengan satu jawaban tapi bisa lebih dari satu. Pentingnya logika dan imajinasi untuk mencari cara penyelesaian berbeda namun mendapat hasil yang baik.(http://itdare.blogspot.co.id/2014/03/syarat-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi.htmldiakses pada tanggal 2 september 2016)

  2. Memiliki rasa ingin tahu yang besar dan tidak mudah menyerah
    Pada dasarnya programmer akan selalu dihadapkan pada persoalan yang kompleks untuk menyelesaikan persoalan yang harus dipecahkan menuntut konsistensi kita untuk tidak putus asa dan selalu memiliki rasa ingin tahu .( http://itdare.blogspot.co.id/2014/03/syarat-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi.html diakses pada tanggal 2 september 2016)

  3. Kuliah dijurusan pemrograman
    Beberapa orang beranggapan bahwa bealajar pemrograman dapat dilakukan secar autodidak namun perbedaan mereka yang belajar dengan yang dipendidikan dengan yang autodidak ada pada kedisiplinan dalam bekerja. (http://itdare.blogspot.co.id/2014/03/syarat-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi.html diakses pada tanggal 2 september 2016)

  4. Rajin, Tekun dan Ulet
    Belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah karena begitu banyak macam bahasa pemrograman yang perlu dikuasai belum lagi dihadapkan pada kasus teretentu yang mengharuskan seorang programmer memutar otak dua kali untuk menciptakan suatu aplikasi terbaru lain daripada yang lain.(http://itdare.blogspot.co.id/2014/03/syarat-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi.html diakses pada tanggal 2 september 2016)

  5. Merelakan untuk selalu tidur larut malam
    Supaya dapat mengausai bahasa pemrograman maka banyak sekali orang yang rela tidur malam untuk menguasainya. Karena tingkat kesulitanya yang tidak dapat dianggap mudah beberapa orang dapat jatuh sakit hanya untuk mempelajarinya. (http://itdare.blogspot.co.id/2014/03/syarat-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi.html diakses pada tanggal 2 september 2016)

  6. Mencintai pemrograman
    Mencintai pemrograman merupakan suatu hal wajib dalam menjadi seorang java developer. Selalu mencoba, belajra, dan mau berusah dengan keras maka itu adalah ciri dari seorang perogamer sejati yang selalu mencintai pemrograman. (http://itdare.blogspot.co.id/2014/03/syarat-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi.html diakses pada tanggal 2 september 2016).

Menjadi seorang java developer merupakan pekerjaan yang banyak diminati oleh orang. Untuk dapat bersaing dengan mereka maka saya harus lebih banyak berlatih dalam menggunakan bahasa perograman java. Menjadikanya sebagai minat, hobi dan suatu keharusan yang dilakukan untuk dapat menjadi seorang java developer. Banyak melakukan praktik, percobaan, dan mencoba membuat sebuah aplikasi yang sederhana terlebih dahulu supaya nantinya dapat membuat sebuah aplikasi yang jauh dari sederhana namun sangat kompleks. Semakin tinggi tingkat kesulitanya maka akan membuat saya semakin tekun belajar bahas pemrograman. Terus mencoba dan mencoba merupakan kunci untuk menjadi seorang programer sejati. Namun tidak hanya itu sikap juga menentukan saya akan menjdi seorang programer atau tidak di masa yang akan datang. Jujur, tekun dan disiplin merupakan sikap yang banyak dicari oleh perusahaan besar. Tidak ada gunanya jika saya ahli dalam pemrogramn namun saya kurang disikap. Hal tersebut akan embuat saya tidak akan bisa bertahan lama dan bersaing dengan para perogamer lainya. Saya berharap suatu saat nanti saya dapat menjadi seorang java developer terbaik yang pernah ada.

[details=Referensi :]-http://itdare.blogspot.co.id/2014/03/syarat-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi.html
-http://www.duniailkom.com/berapakah-standar-gaji-programmer-di-indonesia/
-http://id.neuvoo.com/lowongan-kerja/pekerjaan-Java-Developer
-http://www.candra.web.id/mengapa-sebaiknya-anda-tidak-jadi-programmer/[/details]

Lowongan kerja it saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan di indonesia, salah satunya adalah Java Developer

Hard skill

  1. Core Java
    Bagi Java developer sangat diharuskan untuk menguasai Core Java. Saat kamu menguasai hal yang satu ini pastinya akan memuluskan jalanmu untuk berkarier sebagai Java developer.

Biasanya rekruter akan mencari kandidat yang kompeten mengenai Core Java dan paham dengan bagian-bagiannya seperti Object-Oriented Programming, Design Patterns, Interface in Java, dan masih banyak lainnya.

  1. Java build tools
    Dalam melakukan tugasnya, profesi ini juga sangat perlu menggunakan suatu tools khusus yang bisa berguna untuk menunjang pekerjaannya.

Contoh Java build tools yang paling wajib dipahami adalah Maven dan Gradle.

  1. Web technology
    Web technology menyediakan kemudahan dan kecepatan untuk membantu membuat konten web yang dinamis.

Memiliki kemampuan menguasai web technology seperti HTML, JQuery, dan CSS akan membantumu untuk memahami teknik membangun komunikasi antara beberapa sistem komputer melalui bahasa markup.

  1. Big data
    Seorang Java developer seharusnya juga paham dengan teknologi big data. Pasalnya, teknologi tersebut akan membantumu untuk menganalisis dan mengekstraksi informasi dari data-data yang kompleks.

Beberapa teknologi Big Data yang populer misalnya adalah Hadoop dan Spark.

  1. Java testing tools
    Menggunakan Java testing tools seperti Selenium dan TestNG akan membantu Java developer untuk menguji halaman JSP dan aplikasi web.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti melakukan pengujian mulai dari perencanaan, persyaratan, tes eksekusi, hingga analisis dengan mudah.

Soft skill

  1. Skill komunikasi
    Soft skill pertama yang perlu dikuasai oleh seorang Java developer adalah skill komunikasi.

Saat kamu sudah menguasai skill yang satu ini tentunya akan lebih mudah untuk mengemukakan ide yang dimiliki.

Selain itu, dengan mampu berkomunikasi yang baik tentunya kamu juga akan mudah untuk bekerja sama dengan para anggota tim.

  1. Mau belajar hal baru
    Jika ingin menjadi seorang Java developer yang andal kamu harus selalu belajar hal yang baru karena pengetahuan tidak ada batasnya.

Sifat seperti selalu ingin tahu dan memiliki keinginan untuk terus belajar sangatlah penting karena teknologi selalu berkembang.

  1. Dedikasi
    Mau bekerja keras dan memiliki dedikasi tinggi juga sangat diperlukan untuk menjalani profesi ini.

Ada saatnya kamu akan merasa jenuh dengan pekerjaanmu, tapi seseorang yang berdedikasi pastinya tidak akan mengendorkan semangat dan tetap bekerja keras.

sumber : https://glints.com/