Apa saja yang harus dilakukan oleh perusahaan/organisasi sebelum membuat produk roadmap?


Pada product plan, kami percaya bahwa pendekatan top-down adalah pendekatan yang paling bagus dalam perencanaan product roadmap.
Strukturnya adalah sebagai berikut :
Screenshot_1

  1. Visi.
    Tentukan visi dari produk anda, mengapa produk anda ada, untuk siapa produk anda berguna dan bagaimana produk anda berguna bagi mereka(costumer). Tanyakan pada tim anda, “masalah apa yang dapat di atasi dengan produk kita?”. Jika anda adalah seorang manager produk, maka yang harus dilakukan adalah menyelaraskan tim anda dengan pikiran anda agar product roadmap nantinya akan berjalan dengan baik.
  2. Definisikan Tujuan Produk.
    Mendefinisikan tujuan produk sangatlah penting karena ini akan membantu anda dan tim anda untuk mewujudkan visi dari organisasi/perusahaan anda menjadi rencana yang nantinya akan dijalankan. Tujuan produk mungkin berbeda-beda tergantung organisasi tetapi biasanya tetap terbagi menjadi matrix pelanggan dan matrix bisnis. Ada beberapa faktor-faktor yang menunjukan bahwa tujuan produk akan sukses kita faktor itu terwujud sebagai contoh pada sisi costumer, seberapa sering dan seberapa costumer menggunakan produk kita, untuk sisi bisnis ada Costumer Accuisition Cost, Livetime Value dan lain lain. Masing-masing mempunyai ukuran angka tertentu sebagai patokan apakah tujuan produk tercapai atau belum.
  3. Pilih fitur untuk roadmap anda.
    Pilihlah fitur-fitur untuk produk anda yang sekiranya nanti akan dimasukan ke dalam produk roadmap, lalu prioritaskan mana yang mungkin akan di buat terlebih dahulu. Bagaimanapun anda memprioritaskan fitur yang akan anda buat, yang penting fitur itu selaras dengan visi dan tujuan dari perusahaan /organisasi anda.

referensi