Apa saja yang harus dilakukan ketika staycation bareng temen?

Ketika lagi pengen refreshing karena udah pusing-pusingnya sekolah atau kerja, kamu bisa liburan singkat bareng sahabat dengan cara menginap di tempat baru atau lebih dikenal dengan staycation . Staycation semakin diminati karena meskipun waktunya cukup singkat namun tidak mengurangi rasa liburan itu sendiri. Pesan saja hotel di dalam kota yang punya fasilitas beragam dan suasana yang berbeda dari sehari-hari. Jadi terasa seperti liburan di luar kota, deh.

Sebelum kamu staycation penting bagi kamu untuk ngelist apa saja yang akan kamu lakukan di sana karena sayang banget kalau ujung-ujungnya malah rebahan aja. Waktu liburmu terlalu berharga kalau hanya untuk rebahan! Kalau bisa lakukan hal-hal yang bikin kalian have fun dari masuk hotel sampai keluar hotel!

Kalau dari temen-temen di sini, kira-kira apa saja hal yang bisa dilakukan ketika staycation bareng temen??

5 Likes

Piknik cantik

Kalau kamu yang berencana menginap di hotel dengan taman yang luas , coba piknik cantik deh. Momen ini bisa jadi quality time bareng temen, apalagi kalau selama ini sudah jarang ngobrol . Bawa saja makanan favoritmu dan habiskan waktu dengan curhat sambil menikmati pemandangan.

Wisata kuliner

Makan bareng itu emang paling cocok kalo lagii staycation ! Tambahkan saja wisata kuliner di list agendamu. Buat daftar makanan atau restoran yang terkenal di sekitar tempat menginap dan tulis jaraknya supaya kamu bisa memperkirakan akan mengunjunginya di hari pertama atau kedua. Dengan begitu, kamu nggak akan kehabisan ide saat mencari makan dan ada kepuasan tersendiri saat bisa menceklis daftarnya.

Olahraga

Meskipun lagi liburan, kamu dan sahabat harus tetap fit dengan berolahraga. Enggak perlu olahraga yang berat, pilih saja jenis olahraga yang disukai misalnya berenang, yoga, joging, atau bersepeda. Kalau dilakukan bareng-bareng, pasti akan terasa lebih menyenangkan.

Hunting foto

Kegiatan yang satu ini pas banget untuk kamu dan sahabat yang suka mengeksplor lingkungan sekitar. Temukan hal-hal menarik di dekatmu, siapa tahu ada tempat nongkrong keren atau spot foto yang belum banyak diketahui. Dengan begitu kamu bakal punya kenang-kenangan yang bisa diingat suatu hari nanti.

Maraton film

Dengan koneksi Wi-Fi yang kencang, tidak ada lagi hambatan untuk mengejar ketinggalan film, serial, atau drama Korea favoritmu. Jangan lupa siapkan camilan dan minuman supaya perut tidak keroncongan saat nonton dan juga tisu untuk mengelap air mata saat adegan haru.

Belanja

Ini dia salah satu aktivitas staycation bareng temen yang paling menyenangkan. Lupakan sejenak mall yang biasanya kamu kunjungi untuk belanja. Coba main ke pasar loak yang legendaris, siapa tahu kamu berhasil menemukan barang yang keren atau barang jadul yang sudah lama kamu cari dengan harga miring.

1 Like

Emang sihh kalau lagi Staycation kamu harus benar-benar memanfaatkan waktu mu untuk melakukan hal-ha yang kamu sukai dan bikin have fun bareng temen-temen kamu. Kalau kamu masih bingung mau ngapain aja pas lagi staycation di penginapan , villa, atau hotel, aku ada beberapa saran yang mungkin bisa kamu ikuti :

  1. Take Pictues and Make Videos

Please, ini sih yang paling wajib ya… hunting foto adalah kegiatan yang paling aku suka apalagi bareng temen-temen. Bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan foto yang pas dan bagus. Nggak hanya foto-foto aja, kamu bisa membuat mini video ketika kamu lagi staycation. Foto-foto dan video ini bisa kamu lihat lagi ketika di kemudian hari dan momen momen yang dirindukan kelak…

  1. Ngobrol seru

Lupakan sejenak handphone mu, cobalah untuk ngobrol bareng dengan teman-temanmu… curhat-curhatan juga boleh lah, hal ini akan membangun kerekatan kamu dan teman-temanmu. Mungkin bisa sambil nyemil-nyemil jajanan yang kalian bawa, pasti bakal enjoy banget deh.

  1. Barbeque

Biasanya ini yang paling ditunggu-tunggu. Kalau makan malam kalian mau seru-seruan, bisa banget sambil BBQ-an. Sambil ala-ala piknik di halaman villa dan menghabiskan waktu dengan senang tanpa mikirin urusan kerjaan atau yang lain. Seperti kataku tadi, manfaat waktu liburmu yang sedikit inii untuk have fun bareng temen-temenmu!

  1. Berenang

Ini bisa jadi agenda olahraga di pagi hari. Apalagi merasakan segarnya air seketika membuat fisik dan pikiran jadi dingin ya… Habiskan waktu 1-2 jam untuk berenang, terus makan mie kuah waktu keluar dari kolam , hahaha.

1 Like

Staycation? Saya kira sangat mudah untuk bahagia dalam staycation yang sudah kita rencanakan.

Hal yang bisa dilakukan agar rasa staycation berkualitas adalah kebebasan asosiasi. Kita saling mencurhatkan sesuatu apa yang ada dalam akal bawah sadar kita. Berdasarkan teori Sigmund Freud, sistem akal bawah sadar sangat berpengaruh terhadap mental sehingga ketika sesuatu buruk ada dalam akal bawah sadar kita, kita harus mengeluarkan itu. Cara yang ampuh adalah dengan mengatakannya pada teman kita. Kita harus yakin bahwa teman kita akan menerima apa yang kita katakan dan kita harus menerima apa yang teman kita katakan. Kita hanya menjadi pendengar yang baik antar curhatan.

Kemudian cara lainnya adalah permainan yang satu frekuensi. Main UNO, monopoli, atau perang bantal barangkali menjadi alternatif baik untuk refreshing yang menyenangkan dan berkualitas.

1 Like

Ini nih yang sampai saat ini menjadi wish listku staycation bareng temen-temen, belum kesampaian karena yaa memang susah menentukan jadwal agar semua bisa ikut. Kalau main bareng sih sering tapi kan beda feelnya jika dengan staycation, karena waktu yang dibutuhkan cukup panjang untuk ngobrol dll.

Nah sebelum melakukan staycation bareng temen ada beberapa tips nih barangkali bisa menjadi refrensi temen-temen :

  1. Lokasi staycation
    Agar lebih tertata alangkah baiknya tentukan lokasi terlebih dahulu, agar mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan. Mulai dari budget, kostum, obat-obatan dan kebutuhan lainnya yang perlu dibutuhkan.
  2. Budget
    Setelah mengetahui lokasi mana saja yang akan dituju, siapkan budget yang diperlukan agar staycation berjalan lancar.
  3. Pakaian
    Siapkan pakaian sesuai dengan lokasi, misal staycation dilokasi yang dingin ya gunakan pakaian yang hangat dan sebaliknya. Kurangi riasan yang berlebihan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketika hal tersebut yang menurut saya perlu disiapkan sebelum staycation dan yang terpenting adalah izin orang tua.

Kalau aku pribadi sih penginnya ketika staycation bareng temen bener-bener lakuin hal-hal yang ga bisa aku lakuin sendiri atau yang lebih asyik dilakuin beberapa orang gitu, misal:

  1. Nobar - Mungkin nonton sendiri terkadang lebih asyik, tetapi ada film yang emang lebih seru dan lebih terasa euforianya kalau ditonton ramai-ramai, seperti film-film bergenre horor, thriller, atau detective story yang bikin bisa saling tebak-tebakan.

  2. Main games - Banyak games yang bisa dimainin bareng-bareng dan bikin asyik suasana, mulai dari main kartu (jenis apa pun) sampai games digital yang sudah banyak bertebaran, contohnya werewolf, undercover, dll.

  3. Main air - Kalau staycation di penginapan yang nyediain kolam, jangan ketinggalan untuk main air atau berenang sama-sama.

  4. Ngobrol berkualitas - Bisa dimulai dari mengenang hal-hal kocak, menyenangkan, bahkan menyedihkan yang udah dilalui sama-sama, sampai sesi curhat masing-masing orang. Enaknya kalau ini dilakuin malam-malam (tengah malam) sebelum tidur, gitu.

Kalau aku pastinya melakukan hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, seperti :

  1. Main permainan kekinian. Seperti uno stacko, kartu uno, dan truth or dare.

  2. Berenang. Berenang bareng teman-teman pasti bakalan menyenangkan. Kapan lagi berenang sepuasnya di hotel bareng teman-teman. Jangan sampai kita ngelupain to-do list ini!

  3. Buat konten. Entah konten video atau foto, kita bisa ngikutin yang lagi trend sekarang, seperti dance atau challenge TikTok. Foto di spot cantik di hotel yang Instagramable HARUS banget dilakuin! * plus , buat kenang-kenangan atau dokumentasi kita staycation bareng teman-teman hehe

  4. Movie Marathon. Nonton film berturut-turut bareng temen plus di tempat yang berbeda emang suatu hal yang menyenangkan. Apalagi didukung dengan fasilitas yang ada di hotel , seperti Wi-Fi dan TV Kabel. Kita harus banget manfaatin kesempatan ini!

Pokoknya, saat kita staycation bareng teman-teman, kita harus banget ngelakuin hal-hal yang seru!

Kalau staycation pasti banyak ya kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan bersama. Intinya adalah quality time dengan teman-teman. Nah, ini nih list yang bisa dilakukan ketika staycation bareng :

  • Tentuin tempat menginap
    Pertama, perlu banget buat menentukan tempat menginap, bisa villa atau hotel. Kalau aku pribadi lebih enak kalau menginap di villa karena bisa bareng sama teman-teman dalam satu rumah.
  • BBQ Party
    Kalau staycation di villa pastinya bakal bisa barbeque-an nih. Malam-malam bisa menghabiskan waktu bersama buat barbeque-an, bisa sambil mengobrol, nonton film, main kartu UNO, main warewolf, dan lainnya.
  • Menonton film
    Sambil barbeque-an bisa banget buat nonton film di ruang tamu villa. Biasanya kalau lagi ngumpul bareng teman-teman, nonton film jadi agenda tetap nih. Jadi, semakin quality time kan.
  • Ngobrol
    Kalau lagi staycation bareng temen-temen, jangan lupa untuk mengobrol bersama. Bisa mengobrol mengenai mengenang masa sekolah, masa sekarang, dan masa depan.
  • Mengunjungi tempat wisata
    Staycation tidak lengkap kalau tidak mengunjungi tempat wisata yang ada di kota yang dikunjungi. Jadi, jangan lupa untuk explore tempat wisata disana dan ambil banyak foto bersama karena akan menjadi kenang-kenangan di kemudian hari tentunya.
  • Wisata kuliner
    Tidak lengkap kalau tidak wisata kuliner di kota yang dikunjungi karena setiap kota pasti menawarkan kuliner yang hanya ada disana dan tentu saja berbeda dengan kota yang lainnya.

staycation merupakan kegiatan hiburan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh semua orang khususnya orang-orang yang hanya memiliki waktu singkat untuk berlibur. karena cukup pergi ke satu penginapan yang memiliki fasilitas lengkap atau suasana sesuai dengan kebutuhan, kalian sudah bisa mengembalikan kesegaran diri kalian dari padatnya aktivitas sebelumnya. staycation akan tambah seru ketika kita pergi bersama teman-teman, banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika melakukan staycation seperti, berenang sampai puas, karaoke, deep talk sampai pagi, bermain games, menikmati floating breakfast yang disediakan oleh hotel sambil bercanda ria, dan jangan lupa abadikan semua moment agar bisa menjadi kenang-kenangan setelah staycation.

Staycation memiliki tujuan utama untuk healing sekedar melepas penat . Tetapi ada juga yang melakukan hal tersebut untuk lebih mengenal karakter dari teman mereka atau bahkan sekedar mengisi waktu luang.

Hal-hal yang dapat dilakukan ketika staycation:

Pertama-tama biasanya saya membuat rencana dan peraturan. Seperti, mau kemana dan berapa lama, sehingga perlengkapan lain bisa disesuaikan. Dan untuk peraturan, saya pribadi biasa membuat peraturan tak tertulis bahwa tidak ada gadget jika bukan kebutuhan yang mendesak. Hal ini dilakukan untuk membuat kualitas waktu yang lebih baik.

Karena adanya aturan tidak ada gadget , maka penting untuk menyiapkan banyak rencana seru yang dapat dilakukan bersama-sama, seperti:

  • Barbeque party, tidak perlu daging mahal dan mewah, sekedar jagung dan sosis juga tak apa.
  • Wisata kuliner, food is everyone happiness. Jadi, sempatkan untuk mencoba berbagai jenis makanan.
  • Bermain permainan bersama, biasanya seseorang akan sibuk sendiri dengan gadget mereka, maka yang bisa dilakukan adalah bermain permainan yang tidak membutuhkan itu. Seperti main uno, wareworlf , atau bisa juga bermain permainan yang dulu ketika kecil kita mainkan. Lumayan juga kan untuk mengenang kembali masa kecil.
  • Nonton bareng. Film-film horror, thriller, dan detective biasanya sangat seru jika ditonton bersama-sama.
  • Fillow talk , sebelum tidur malam-malam bisa membuat sesi curhat bersama dan mengeluarkan semua unek-unek sehingga ketika pulang tidak ada lagi beban di pundak.
  • Terakhir, jangan lupa foto bersama. Ini penting ketika satu diantara kalian sudah berada jauh dengan kalian sehingga kita bisa melihat kembali foto tersebut untuk mengenang masa-masa tersebut.

Kalau menurut saya, beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan:

  1. Jalan-jalan menikmati suasana tempat yang kita kunjungi
  2. Mengabadikan momen dengan berfoto
  3. Makan bersama di tempat penginapan (mungkin bakar-bakar) sambil mengobrol , bernyanyi atau main game waktu sore atau malam hari. Sederhana tapi menyenangkan.
  4. Menonton film bersama
  5. Masak-masak
  6. Belanja

Sepakat brou, susah banget untuk menyelaraskan jadwal temen-temen. Nah karena hal tersebut juga membuat staycation memiliki porsi momen yang dihargai lebih tinggi daripada momen liburan bersama lain. Staycation membutuhkan usaha, waktu, dan dana yang mumpuni sehingga sudah sewajarnya kegiatan ini harus benar-benar menyenangkan. Dulu ketika saya mengikuti perkuliahan dengan mata kuliah pengantar pariwisata dosen pernah mengetakan bahwa

“liburan merupakan momen khusus yang dihadirkan untuk melengkapi keinginan seseorang dalam mendapatkan pengalaman tidak biasa dari kesehariannya.”

Oleh karena itu, hal yang harus dipersiapkan dalam staycation selain budget, kegiatan, juga harus ada mental berlibur. Apa itu mental berlibur?

Dijelaskan lebih lanjut oleh dosen saya, sebagai wisatawan faktor yang paling membedakan seseorang sedang menjadi wisatawan atau hanya orang yang sedang berada di lingkungan wisata adalah motivasi yang dimilikinya. Oleh karena itu pada perkuliahan bisnis pariwisata juga terdapat kajian mengenai motivasi wisatawan.

Mental berlibur muncul dari seseorang dengan motivasi berwisata yang sehat. Motivasi yang dimaksud adalah bersikap sebagai pihak yang selalu berpikir berada dalam lapisan terluar struktur wisata. Hal ini sedikit berbeda dengan bersikap tidak peduli dengan fasilitas wisata melalui kegiatan tak bertanggung jawab seperti seenaknya sendiri.

Berada di lapisan terluar artinya menikmati semua fasilitas yang disediakan dan menerimanya sebagai pengalaman baru, tujuan akhirnya adalah untuk mengurangi kekecewaan akibat ekspektasi yang begitu tinggi dengan kenyataan layanan wisata yang didapatkan.

Ada hal yang paling penting ketika kita staycation apalagi bareng teman dekat, yaitu kebersamaan. Pasti untuk menentukan jadwal aja susah kan karena terhalang kesibukan masing-masing?

Nah kalau aku pribadi, aku lebih ingin kita sama-sama menghargai waktu dan kebersamaan yang mungkin jarang terjadi. Ini juga bisa kita manfaatkan untuk lebih mengenal satu sama lain. Ngobrol dari topik a ke topik z sambil tertawa bersama karena mengingat momen yang sudah lampau tapi berkesan, atau bermain games sehingga kita menjadi lebih erat, curhat dan mendengarkan tanpa ada yang asik sendiri, movie marathon, masak bareng, banyak deh hal-hal yang bisa lakukan hingga kita pulang ke rumah masing-masing juga membawa kenangan yang indah.

Walaupun staycation memiliki waktu yang sangat singkat, waktu tersebut harus digunakan sebaik-baiknya ya! Having fun dan quality time bareng temen itu penting bangett apalagi sama temen yang jarang banget ketemu… Jangan sampe nantinya kalian malah sibuk dengan hp masing-masing ya. Aku paling suka ngobro santai sih kalo lagi staycation gitu. Ngobrol bareng temen itu bisa menjadi healing tersendiri buat aku kalo lagi puyeng puyengnya ngurus kerjaan. Bahkan kalo lagi sakit pun, obat buat nyembuhin diriku ya dengan having fun aja sama temen-temen, langsung saktnya ilang dah haha. Pokoknya waktu liburmu ini gunakan sebaik mungkin dengan teman-temanmu. Make a good vibes! Jangan marahan dulu sama temen atau bikin suasana nggak enak. Kan sayang yaa udah ngeluangin waktu di hari libur eh ternyata ada hal-hal yang tidak mengenakkan…