Apa saja yang harus dilakukan dalam Persiapan Laktasi bagi ibu hamil ?

Laktasi adalah keseluruhan proses menyusui mulai dai diproduksinya Air Susu Ibu (ASI) sampai proses bayi menghisap dan Air Susu Ibu (ASI).

Apa saja yang harus dilakukan dalam Persiapan Laktasi bagi ibu hamil ?

Menyusui adalah cara yang paling sehat dan normal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi. Sebagian besar ibu yang menyusui bayinya tidak menyiapkan payudaranya terlebih dulu supaya sukses dalam menyusui secara eksklusif, karena mereka menganggap menyusui adalah suatu hal yang biasa sehingga sering menemui kegagalan dan kesulitan dalam menyusui bayinya.

Dengan adanya fakta ini maka sangat diperlukan tindakan bidan memberikan pendidikan perawatan payudara pada wanita hamil untuk membantu agar proses laktasi nanti berjalan lancar. Persiapan yang paling penting adalah persiapan psikologis pada ibu , yakinkan bahwa ibu pasti akan berhasil untuk menyusui, timbulkan pada ibu bahwa dia sangat berniat untuk menyusui bayinya secara eksklusif, sehingga ketika sudah melahirkan betul–betul sudah siap untuk menyusui bayinya.

Perawatan payudara.

  1. Umur kehamilan 3 bulan.

    Payudara dan puting harus diperiksa sejak kunjungan pertama. Jika putingnya cekung atau masuk kedalam maka harus memakai nipple shield yang dipakai sejak kehamilan 12 minggu atau tekan areola mamae disamping kiri dan kanan putting susu dengan kedua ibu jari sehingga putting susu keluar, lakukan setiap hari. Pada ibu dengan putting susu rata tidak diperlukan persiapan khusus karena perbaikan bentuk puting biasanya terjadi setelah melahirkan karena puting lebih menjulur keluar.

  2. Umur kehamilan 6-9 bulan

    Kedua telapak tangan dibasahi dengan minyak kelapa, kemudian puting susu sampai areola mamae (daerah sekitar puting dengan warna lebih gelap) dikompres dengan minyak kelapa selama 2-3 menit. Tujuannya untuk mempelunak kotoran atau kerak yang menempel pada puting susu sehingga mudah dibersihkan. Jangan membersihkan dengan alkohol atau yang lainnya yang bersifat iritasi karena dapat menyebabkan puting susu lecet.

  3. Pemijatan

    Bersihkan payudara memakai air, lalu massage memakai minyak. Pemijatan dilakukan dengan memakai kedua tangan, sekeliling payudara diurut memutar searah jarum jam dan kemudian berbalik arah/berlawanan jarum jam. Setelah itu lakukan pengurutan dari bawah menuju puting, namun putingnya sendiri tak perlu di-massage karena tak berkelenjar tapi hanya merupakan saluran air susu.

    Setelah massage, ketuk-ketuklah payudara memakai ujung jari atau ujung ruas jari. gunanya agar sirkulasi darah bekerja lebih baik. Selanjutnya puting dibersihkan dengan minyak kemudian dengan air matang.

  4. Senam Teratur.

    Sebaiknya payudara juga dirawat dengan melakukan senam. Tujuannya adalah untuk memadatkan payudara dan merangsang produksi ASI agar lebih baik. Senam yang bisa dilakukan, posisi berdiri : Anda untuk mempelajari senam ini silahkan sambil langsung mempraktikkan supaya langsung dapat melakukan.Tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan (seperti orang bersidekap). Kemudian tekan kuat-kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan, sehingga terasa tarikannya pada otot-otot di dasar payudara.

    Selanjutnya lemaskan kembali. Lakukan berulang-ulang hingga 30 kali. Pegang bahu kanan dengan ujung tangan kanan,bahu kiri dengan ujung tangan kiri kemudian siku diputar ke depan sehingga lengan bagian dalam mengurut (massage) payudara ke arah atas. Diteruskan gerakan tangan ke atas ke belakang dan kembali pada posisi semula. Lakukan latihan ini 20 kali putaran.

  5. Memakai Bra atau BH yang Pas

    Untuk mengatasi rasa tak enak pada saat payudara membesar, pakailah bra yang pas dan bisa menopang payudara. Jangan pakai yang terlalu ketat atau longgar, tapi harus benar-benar pas sesuai ukuran payudara saat itu dan dapat menopang perkembangan payudara.

Manfaat Perawatan Payudara

Perawatan payudara pada saat ibu hamil bermanfaat untukmenjaga kebersihan payudara terutama kebersihan puting susu. Melenturkan dan menguatkan puting susu sehingga memudahkan bayi untuk menyusu. Di samping itu perawatan payudara akan merangsang kelenjar-kelenjar air susu sehingga produksi ASI banyak dan lancar, hal ini akan sangat membantu ibu hamil saat sudah melahirkan. Perawatan payudara diyakinin dapat memebantu mendeteksikelainan-kelainan payudara secara dini dan melakukan upaya untuk mengatasinya. Hal yang tidak kalah pentingnya upaya perawatan payudara selama masa kehamilan juga bertujuan untuk mempersiapkan mental (psikis) ibu untuk menyusui.

Persiapan menyusui sudah harus dilakukan bidan untuk membantu ibu sejak masih dalam kehamilan. Persiapan menyusui pada saat ibu sudah melahirkan sudah terlambat dan akhirnya akan menghasilkan proses laktasi yang tidak memuaskan. Untuk keberhasilan ibu menyusui maka diperlukan persiapan psikologis supaya ibu mempunyai sikap positif untuk menyusui bayinya dan menghilangkan sikap negatif terhadap kegiatan menyusui.

Sikap negatif yang sering pada ibu hamil dan menyusui adalah :

  1. Tidak berminat dan menolak memberikan ASI
  2. Tidak peduli dengan kehadiran bayi
  3. Pernah gagal menyusui sebelumnya sehingga merasa takut menyusui
  4. Kurang pengetahuan tentang menyusui

Bila bidan menemukan kondisi psikologis seperti ini, harus mampu membantu pasien merubah sikap negatif menjadi sikap pbsitif dengan cara memberikan konseling kepada ibu. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh bidan antara lain meyakinkan ibu. Setiap ibu harus percaya bahwa ia akan sukses menyusui bayinya, ASI memiliki keunggulan lebih banyak dibanding susu formula. Bidan dapat menjelaskan kelebihan memberi ASI dan kerugian memberi susu formula. Bidan juga dapat membantu memecahkan masalah yang timbul karena menyusui. Ada kalanya untuk mengurangi pengaruh negatif secara psikologis dapat mengikutsertakan suami atau keluarga lain yang berperan. Pada waktu-waktu tertentu, bidan memberikan kesempatan kepada ibu dan keluarga untuk berdiskusi, pendekatan kekeluargaan seperti ini diharapkan dapat mengurangi kekhawatiran ibu hamil.