© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja yang harus dijadikan pertimbangan dalam memilih Model Pembelajaran?

Pembelajaran

Model Pembelajaran merupakan komponen utama dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa lebih aktif, kreatif, inovatif dan berkarakter. Model pembelajaran adalah perencanaan suatu pola yang dapat digunakan sebagai desain dalam pembelajaran di dalam kelas.

Sebelum menentukan model pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan guru dalam memilihnya, yaitu.

  1. Pertimbangan terhadap tujuan yang hendak dicapai. Pertanyaan– pertanyaan yang dapat diajukan adalah :

    • Apakah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai berkenaan dengan kompetensi akademik, kepribadian, sosial dan kompetensi vokasional atau yang dulu diistilahkan dengan domain kognitif, afektif atau psikomotor?

    • Bagaimana kompleksitas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai?

    • Apakah untuk mencapai tujuan itu memerlukan keterampilan akademik?

  2. Pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran:

    • Apakah materi pelajaran itu berupa fakta, konsep, hukum atau teori tertentu?

    • Apakah untuk mempelajari materi pembelajaran itu memerlukan prasyarat atau tidak?

    • Apakah tersedia bahan atau sumber–sumber yang relevan untuk mempelajari materi itu?

  3. Pertimbangan dari sudut peserta didik atau siswa:

    • Apakah model pembelajaran sesuai dengan tingkat kematangan peserta didik?

    • Apakah model pembelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kondisi peserta didik?

    • Apakah model pembelajaran itu sesuai dengan gaya belajar peserta didik?

  4. Pertimbangan lainnya yang bersifat nonteknis:

    • Apakah untuk mencapai tujuan cukup dengan satu model saja?

    • Apakah model pembelajaran yang kita tetapkan dianggap satu–satunya model yang dapat digunakan?

    • Apakah model pembelajaran itu memiliki nilai efektivitas atau efisiensi?

Sumber : Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, 2016, Inovasi Model Pembelajaran, Nizamial Learning Center