Apa saja yang harus di perhatikan untuk memilih face emulsion kulit sensitif?

memilih face emulsion kulit sensitif

Emulsion adalah light moisturizer . Teksturnya ringan, umunya berwarna putih seperti susu, dan berfungsi untuk melembapkan kulit. Karena teksturnya yang ringan, emulsion ini cocok digunakan untuk kulit yang berminyak atau kombinasi. Pada beberapa brand , istilah emulsion ini diganti dengan sebutan lotion .

Apa saja yang harus di perhatikan untuk memilih face emulsion kulit sensitif?

Kulit sensitif cenderung mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan kulit yang kering dan kebas. Penting sekali menjaga kelembapan kulit dengan face emulsion yang dapat menyeimbangkan kelembapan sekaligus kandungan minyak pada kulit. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, seperti jenis emulsion, bahan yang terkandung, intensitas stimulus, dan lainnya.

Sebelum membahas produk, kami akan memberitahu kepada Anda beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih face emulsion untuk kulit sensitif.

Hindari bahan penyebab iritasi, seperti zat pewarna, alkohol, dan paraben


Hindari bahan penyebab iritasi, seperti zat pewarna, alkohol, dan paraben

Dalam memilih face emulsion yang aman bagi pemilik kulit sensitif, penting sekali untuk menghindari bahan-bahan berbahaya yang dapat mengiritasi kulit. Kulit sensitif rentan mengalami reaksi alergi apabila di dalam produk yang digunakan terdapat kandungan paraben. Selain itu, efek iritasi juga dapat disebabkan oleh kandungan alkohol. Bahan lainnya yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif adalah bahan yang mengandung parfum dan zat pewarna.

Anda juga dapat melakukan tes uji alergi sebelum memutuskan untuk memilih produk face emulsion. Hal ini dikarenakan reaksi alergi belum tentu sama terhadap semua kulit sehingga pemilihan produk perlu lebih diperhatikan.

Pilih face emulsion dengan kandungan pelembap


Untuk mencegah kulit kering yang merupakan salah satu dampak dari kulit sensitif, kita perlu memeriksa apakah telah terdapat kandungan pelembap di dalam face emulsion. Formula tersebut harus mampu melembapkan dan mencegah kulit menjadi kering.

1. Face emulsion dengan kandungan human ceramide menawarkan efek melembapkan yang baik

Face emulsion dengan kandungan human ceramide menawarkan efek melembapkan yang baik

Ada berbagai jenis ceramide, tetapi jenis human ceramide adalah yang direkomendasikan untuk mendapatkan efek melembapkan. Ada ceramide nomor satu hingga tujuh dan masing-masing ceramide memiliki khasiat yang berbeda.

Biasanya produk yang mengandung ceramide 2 adalah yang memberikan efek baik bagi kulit. Sedangkan, ceramide 1 cenderung direkomendasikan bagi orang yang mengalami masalah antopy. Jadi, lebih baik Anda periksa dahulu kandungan ceramide apa yang ada dalam produk face emulsion.

2. Periksa kandungan bahan pelembap lainnya

Periksa kandungan bahan pelembap lainnya

Periksa juga bahan-bahan lain yang akan memberikan kelembapan pada kulit Anda, seperti kolagen, hyaluronic acid, amino acid, dan gliserol. Produk yang mengandung banyak ceramide cenderung lebih mahal. Bagi Anda yang tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam, Anda dapat memilih kandungan bahan-bahan tersebut.

Pilih face emulsion yang memiliki tekstur ringan


Pilih face emulsion yang memiliki tekstur ringan

Efek mengencangkan yang buruk pada produk face emulsion akan mengikis kulit Anda dan mengakibatkan kerusakan pada kulit. Tekstur face emulsion yang berat dan terasa terlalu lengket juga akan menimbulkan ketidaknyamanan saat Anda menggunakannya.

Kali ini, kami akan membagi menjadi tiga jenis. Jenis cream yang ringan dan memberi efek melembapkan. Jenis good milk yang mengombinasikan kebaikan dari efek mengencangkandan kelembapan. Terakhir, jenis air yang memberikan efek kesegaran.

Pilih face emulsion sesuai budget yang Anda miliki


Pilih face emulsion sesuai budget yang Anda miliki

Banyak sekali produk-produk mahal yang membuat kita gelap mata ingin membelinya. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif belum tentu cocok menggunakan face emulsion tersebut. Sebaiknya Anda memilih face emulsion dengan harga yang terjangkau di kantong sehingga pemakaian harian akan terasa lebih efektif.

Namun, jika Anda tetap ingin membeli face emulsion dengan harga yang mahal, disarankan untuk melakukan tes pada kulit Anda terlebih dahulu. Biasanya, terdapat produsen yang memberikan jaminan uang kembali jika face emulsion tersebut tidak cocok untuk Anda. Dengan tawaran tersebut biasanya akan dilakukan tes uji untuk keamanan bagi kulit yang sensitif.

Lakukan uji tempel untuk menghindari masalah kulit


Lakukan uji tempel untuk menghindari masalah kulit

Meskipun produk tersebut mengandung bahan pelembap yang rendah iritasi, serta tertulis mengandung bahan yang aman untuk kulit sensitif, namun Anda tetap perlu berhati-hati karena belum tentu bahan tersebut cocok di kulit Anda. Oleh sebab itu, cobalah mengaplikasikan sedikit face emulsion pada kulit untuk melakukan uji tempel.

Untuk orang yang memiliki kulit sensitif, meskipun terlihat cocok pada awalnya, tetapi gejala kemerahan dan gatal bisa saja muncul sekitar satu bulan setelah pemakaian rutin. Oleh karena efek uji tempel berlaku untuk keadaan kulit saat itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, kami sarankan untuk berhati-hati karena sewaktu-waktu kulit Anda dapat memberikan respons berbeda terhadap produk skin care yang Anda gunakan.