Apa saja yang dipersiapkan dalam melakukan Risk Management Plan ?

manajemen risiko

Proses mengidentifikasi risiko, menilai risiko dan mengembangkan strategi untuk mengelola risiko adalah manajemen risiko. Rencana pengelolaan risiko dan analisis dampak merupakan bagian penting bagi organisasi. Dengan memahami potensi risiko terhadap kita dapat menemukan cara untuk meminimalkan dampaknya, Jenis risiko sangat bervariasi tetapi menyiapkan rencana pengelolaan risiko melibatkan proses yang umum.

Rencana manajemen risiko harus menggambarkan strategi untuk menangani risiko yang spesifik untuk organisasi. Penting untuk mengalokasikan beberapa waktu, anggaran dan sumber daya dalam risk management plan. Sehingga diperlukan persiapan yang penting dalam melakukan risk management plan.

Apa saja yang dipersiapkan dalam melakukan Risk Management Plan ?

Beberapa persiapan yang dapat dilakukan dalam melakukan Management Risk Plan :

  1. Identifikasi risiko : Langkah pertama adalah dengan mengidentifikasi potensi risiko. Memahami cakupan risiko mungkin akan membantu mengembangkan strategi realistis dan hemat biaya untuk mengatasinya.

  2. Analyze and evaluate the impact of the risk : menganalisis resiko yang kecil dan resiko utama yang akan dihadapi. Analisis dan evaluasi risiko akan membantu memprioritaskan risiko yang perlu solusikan.

  3. Treat risk to organization : penjagaan dan memonitor resiko perlu dilakukan untuk mengatasi resiko yang akan terjadi lagi nantinya.

  4. Review and update risk management plan : perlu menguji, mengevaluasi dan memperbarui rencana manajemen risiko secara teratur karena risiko dapat berubah seiring terjadinya perubahan bisnis, industri dan lingkungan.

Jadi persiapan yang harus kita lakukan adalah harus mengetahui terlebih dahulu jenis resiko yang ada pada perusahaan dan bagaimana memonitornya juga.

Sumber : https://www.business.qld.gov.au/running-business/protecting-business/risk-management/preparing-plan