Apa saja yang dinilai Expert Judgement dalam Qualitative Risk Analysis ?


Dalam melakukan Qualitative Risk Analysis terdapat banyak cara dan metod untuk melakukannya, salah satunya yaitu dengan metode Expert Judgement. Apa saja sih yang dinilai oleh Expert Judgement tersebut dalam melakukannya ?

Peran Expert sangat diperlukan selama proses perencanaan dan identifikasi risiko. Perencanaan dan identifikasi risiko sangat penting untuk keberhasilan proyek. Khususnya proyek besar dan kompleks, manajer proyek selalu mencari ahli atau spesialis dari luar untuk membuat keputusan yang tidak bias dan akurat.

Salah satu risiko penting dalam proyek adalah perkiraan yang tidak akurat. Ini pasti akan berdampak pada kinerja proyek. Temuan industri mengatakan bahwa 60% proyek tidak memenuhi kriteria kinerja proyek (Waktu, biaya, dan tujuan lingkup). Pendekatan Expert Judgement membantu memberikan perkiraan yang akurat seperti yang sudah disarankan.

Expert Judgement diperlukan untuk menilai kemungkinan dan dampak dari setiap risiko untuk menentukan lokasinya di dalam matriks. Pengumpulan data dari Expert Judgement dapat dilakukan dengan cara wawancara dan juga dengan diadakannya Workshop. Yang harus diperhatikan dalam memilih Expert, yaitu Expert harus berpengalaman dengan projek yang mirip atau sama. Pendapat Expert menjadi pertimbangan dalam melaksakan proyek agar dapat mengurangi dampak risiko.

Referensi:
Clarizen
Apna Course