Apa saja yang dilakukan untuk menjaga hubungan dengan investor?


(Vina Shaw) #1

Seperti yang kita tahu investor mengeluarkan dana tidak sembarangan, mereka pun butuh kejelasan untuk bisa memberikan dana kepada kita yang akan membuat sebuah bisnis. Dengan meminta dana pada investor, tentu kita membuat mereka berharap dan berekspekatsi terhadap kinerja kita, apa yang akan mereka dapatkan. Dan kita sebagai pencari dana, harus bisa memastikan hal tersebut terpenuhi.



Bagaimana cara kita menjaga hubungan dengan investor? dan bagaimana cara kita untuk tetap menjaga harapan dari investor tersebut?


(Abdul Latif) #2

Diambil dari artikel yang ada pada saintia.com

Sebagai seorang pengusaha tentu telah dipahami bahwa pekerjaan dan energi yang dibutuhkan sangatlah besar. Mengurus masalah internal perusahaan sangatlah sulit jika tidak ditangani dengan orang yang handal dan juga konsisten dalam menjalaninya. Masalah eksternal-pun juga menjadi poin penting dalam menjalankan usaha. Salah satunya adalah menjaga hubungan baik dengan para investor.

Seperti yang telah diketahui peran investor sangatlah penting dalam perusahaan. Perusahaan mendapat dana dari investor, dan jika dana tersebut macet maka segala proyek yang membutuhkan dana pasti akan terhambat juga. Jika hal ini terjadi perusahaan tidak akan mendapat keutungan dan yang menjadi kemungkinan terburuk adalah bangkrutnya perusahaan.

Seseorang yang mendirikan sebuah perusahaan selain dituntut untuk mengerti seluk beluk internal perusahaan ia juga haru bisa mengatasi hubungan dengan beberapa invesornya. Berikut beberapa saran dari Bettina Hein tentang cara menjaga hubungan dengan investor:

Mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan

Dengan memepersiapkan segala berhubungan dengan investor, maka anda bisa menjaga hubungan dan juga ekspektasi dari investor tersebut. Rancangan bisnis anda harus cocok dengan pasar pada saat itu. Dengan menunjukkan model bisnis yang tepat maka anda dapat memiliki kepercayaan dari investor.

Matangkan rencana anda

Para investor tidak suka dengan beberapa ide yang muncul tanpa ada penjelasan lebih lanjut terhadapa ide atau tindakan yang akan dilakukan. Anda harus bisa menerangkan maksud anda dengan jelas, perhatikan detail – detail yang dibutuhkan, dan rangkumlah dengan efektif.

Jangan berharap untuk mendapat dana lebih cepat

Para investor biasanya melakuka riset tersendiri dari apa yang telah dipresentasikan dihadapannya. Pastikan anda tidak meminta untuk lebih cepat, karena akan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap apa yang akan anda lakukan. Jika memang dana belum diberikan oleh investor, anda sebaiknya minta saran dari investor tersebut. Ini bertujuan untuk menjaga komunikasi untuk kedepannya.

Ketika dana telah turun, manajemen tetap berjalan

Ketika dana telah anda terima, maka tanggung jawab anda akan semakin berat untuk mewujudkan apa yang diharapkan investor. Siapkan selalu laporan – laporan terkait kinerja anda. Para investor akan senang jika mereka selalu mendapat berita dari kinerja kerja perusahaan anda.

Jangan terlihat bahwa anda mengalami kegagalan

Dihadapan investor anda tidak boleh membawa emosi diri anda kedalam percakapan atau presentasi anda. Anda hanya perlu mengatakan dengan tegas dan jujur dalam kinerja anda. Beritahukan kendala anda dalam mengatasi ekspektasi dari para investor. Investor akan tetap setuju dengan anda meskipun anda berubah haluan atau target, dengan disertai alasan yang sangat jelas tentunya.

Jelaskan jika anda butuh dana lebih banyak

Dengan komunikasi yang jelas dan bertahap anda dapat meminta tambahan dana dari investor. Lakukan pengumpulan dana lebih awal, untuk menjaga beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Jangan pernah mengumpulkan dana dalam waktu yang dekat, karena anda-pun selain dituntut untuk mengerjakan proyek anda, anda juga dituntut untuk memenuhi ekspektasi investor.

Baca selengkapnya : http://www.saintia.com/beberapa-cara-menangani-hubungan-dengan-investor/